KAMIS , 22 NOVEMBER 2018

Rihlah Ziarah ke Turki

Reporter:

oleh : Dr.H.M.Ishaq Shamad, M.A

Editor:

Nunu

Senin , 11 Desember 2017 15:16
Rihlah Ziarah ke Turki

int

Rektor UMI Prof.Dr.Masrurah Mokhtar membawa sejumlah pejabar UMI bidang dakwah dan kampus Islami UMI ke Turki dalam rangka Rihlah Ziarah Pengembangan Dakwah (9-16/12). Tujuannya untuk melihat lebih dekat sejumlah model pengembangan dakwah dan syiar Islam di Turki serta menjejaki kerjasama dengan lembaga dakwah di Turki yang mengembangkan zikir dan doa bersama.

Rektor UMI Prof.Dr.Masrurah Mokhtar menyatakan selama ini UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah mengembangkan model Pencerahan Qalbu di Padanglampe dimana semua mahasiswa baru UMI wajib mengikuti Program tersebut.

Program ini telah dirintis dan berjalan selama 17 tahun. Oleh karena itu, diperlukan pengalaman dan pengembangan baru, khususnya dalam pengembangan dakwah, zikir dan doa. Diharapkan model pengembangan tersebut dapat ditemukan selama Rihlah Ziarah di Turki, jelasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor IV Bidang Dakwah dan Kampus Islami UMI KH.M.Zein Irwanto, M.A menyatakan peserta yang ikut rombongan Rektor UMI, adalah para pimpinan Pesantren Mahasiswa Darul Mukhlisin Padanglampe, para Wakil Dekan IV fakultas dalam lingkup UMI, dan Ketua LPDKI UMI. Mereka-lah yang selama ini bersinerji dalam pengembangan dakwah UMI di bawah koordinasi Wakil Rektor IV UMI.

Selanjutnya Muhammad Emre, tour guide lokal menyatakan salah satu tempat bersejarah di Turki adalah di Cannakale. Perang Troya dan Perang Canakale. Tentara kesultanan Usmania di Canakkale. Orang Islam dari Bugaria ikut tentara Islam melawan angkatan laut dan paling kuat di dunia.

Sebenarnya kedua perang tersebut terjadi antara Timur dan Barat pada 102 tahun lalu, urainya. Selanjutnya akan dikunjungi berbagai tempat bersejarah Islam lainnya dan lembaga dakwah selama tour ziarah rombongan UMI di Turki, kuncinya.


Tag
div>