JUMAT , 20 JULI 2018

Rio Optimistis Maksimalkan Sisa Latihan

Reporter:

Editor:

hur

Sabtu , 19 Maret 2016 09:57
Rio Optimistis Maksimalkan Sisa Latihan

int

RAKYATSULSEL.COM – Cuaca tak menentu di sesi latihan perdana GP Australia Jumat (18/3) kemarin memang tidak ideal bagi semua pembalap. Termasuk pembalap Manor-Mercedes Rio Haryanto.

Catatan waktunya tak maksimal, yakni 1 menit 43,372 detik. Namun, di tengah kondisi cuaca yang tak bersahabat itu, Rio mengaku masih mampu mengambil pelajaran penting. “Kami ingin mengejar track time karena di latihan pertama situasinya on-off,’’ ujarnya.

Total, Rio memang melahap 22 putaran. Di lap keenam free practice sesi pertama, mobilnya sempat menerabas gravel karena kehilangan cengkeraman ban. Namun, Rio bukan satu-satunya pembalap yang keluar trek. Yang lebih parah dialami pembalap tuan rumah Daniel Ricciardo. Driver Red Bull-TAG Heuer itu mengakhiri sesi siang terjebak di gravel.

Sedangkan pembalap Mercedes Nico Rosberg melintir di sesi kedua hingga sayap depan mobilnya rusak. Kondisi cuaca kemarin jadi dobel sulit buat rookie seperti Rio. Apalagi, dia belum pernah membalap di Albert Park.

Rio menyebut bagian tersulit adalah menghafal fungsi tombol-tombol yang ada di kokpit dan prosedur. Sebab, musim ini komunikasi dengan para teknisi melalui radio sangat dibatasi. “Dulu engineer boleh kasih tahu untuk perubahan setting, sekarang nggak bisa lagi,’’ tuturnya.

Dengan hasil minimal kemarin, pembalap Manor tersebut berharap semua sesi hari ini akan berlangsung dalam kondisi kering. Meski, menurut perkiraan cuaca, situasinya kurang lebih sama dengan kemarin. ’’Semua akan jauh lebih mudah kalau kering,’’ ucapnya.

Menurut dia, bagian paling sulit dilewati adalah tikungan 10, 11, dan 12 karena begitu dekat dengan tembok pembatas trek. Meski tak banyak mendapat keuntungan dari latihan hari pertama, Rio percaya akan mampu memaksimalkan waktu yang tersisa hari ini untuk bekerja maksimal mendapatkan hasil terbaik.

Dia juga menyebut sesi kualifikasi dengan format baru akan menyulitkan semua pembalap. Hari ini kondisi langit Albert Park diperkirakan kembali diselimuti mendung. Hujan sangat mungkin terjadi. Suhu udara 16–19 derajat Celsius. Sesi latihan ketiga akan berlangsung pukul 12.30 waktu setempat. Kemudian, kualifikasi berlangsung pukul 16.00 waktu setempat atau pukul 12.00 WIB. (jpnn)


Tag
  • Formula 1
  •  
    div>