SELASA , 18 DESEMBER 2018

Rivai Ras Bahas Ketahanan Maritim di Politeknik AMI Makassar

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Sabtu , 30 April 2016 19:00
Rivai Ras Bahas Ketahanan Maritim di Politeknik AMI Makassar

Kampus AMI Veteran Makassar, Jl. Nuri. Foto:das

RakyatSulsel.com — Bakal calon Gubernur Sulsel, Dr Abdul Rivai Ras kembali mengupas masalah kemaritiman di kampus Politeknik Maritim AMI Makassar dengan tema “Pertahanan Maritim Indonesia di Era Masyarakat Ekonomi Asean”, Sabtu (30/4/2016).

Pakar Ketahanan dan Maritim Indonesia, Dr Abdul Rivai Ras mengatakan, kehadiran dirinya di Politeknik Maritim AMI Makassar adalah panggilan moral. Masih banyak hal penting yang harus dilakukan di Jakarta. Tapi, bicara soal maritim dirinya harus hadir di Makassar, setelah itu kembali ke Jakarta.

“Disini saya ingin menyampaikan soal maritim di AMI. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah, dimana Maritim sebagai poros nasional dan internasional,” ujarnya.

Bicara soal ASEAN, jelas pria kelahiran Bone ini, pastinya setiap individu memiliki kualitas dan kompetensi yang layak. Hal ini dapat dilihat dari segi komunikasi dengan banyak bahasa, khususnya bahasa Inggris.

“Pembahasan soal matirim sangat luas. Di sini tak hanya membahas soal pelabuhan, laut, hingga dasar laut, tapi juga menyentuh masalah ekonomi, keamanan dan ekonomi,” ujarnya.

Dari tiga hal diatas yakni politik, kemanan, dan ekonomi memiliki banyak keterkaitan. Jika ingin mendalami semuanya membutuhkan waktu yang cukup lama.

[NEXT-RASUL]
“Jika mau melihat soal maritim yakni adalah keamanan. Disini tak hanya dilihat dari segi hukum saja. Tapi juga dalam keamanan dan dalam ekonominya,” paparnya.

Sekarang, persoalan maritim sudah masuk dalam isu geopolitik. Hal ini terlihat dari banyaknya kasus perebutan batas wilayah.

Sementara itu, Direktur Politeknik Maritim AMI Makassar, Amrin Rani SE MM mengatakan, diskusi yang dilakukan di kampusnya bertujuan memperkenalkan lebih jauh dunia kemaritiman secara nasional. Hal ini disampaikan langsung oleh ahlinya, yakni Abdul Rivai Ras.

“Pusat dunia kemaritiman sebenarnya berada di Makassar,” ujarnya.

Kata dia, dengan menghadirkan Rivai Ras di Kampus Politeknik Maritim AMI Makassar diharapkan bisa memberikan tambahan ilmu bagi taruna.

“Untuk membahas sektor kemaritiman saya tak ragu lagi. Dr Abdul Rivai Ras adalah ahlinya,” ujarnya.

Menyikapi masyarakat ekonomi Asean selama satu dekade ini, menetapkan tahun 2015 dilaksanakan secara terbuka. “Disini menyentuh semua pasar secara global. Tak hanya persoalan bisnis, tapi juga pendidikan. Untuk itu, disini kami membina taruna menjadi sumber daya manusia yang memiliki kualitas dan kompetensi,” paparnya. (*)


Tag
  • rivai ras
  •  
    div>