JUMAT , 15 DESEMBER 2017

Rival Sibuk Urus Parpol, IYL Justru Berburu Buku Pendidikan di Finlandia

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 10 Oktober 2017 12:30
Rival Sibuk Urus Parpol, IYL Justru Berburu Buku Pendidikan di Finlandia

Ichsan Yasin Limpo saat berada Toko Buku Pendidikan Terbesar i Helsinki Finlandia, Senin (09/10/2017) sore, waktu setempat. Foto: ist

HELSINKI, RAKYATSULSEL.COM – Ichsan Yasin Limpo (IYL) tak menyia-nyiakan waktunya untuk “berguru” setelah mendarat dengan selamat di Helsinki Finlandia, Senin (09/10/2017) sore, waktu setempat.

Sebelum memulai penelitiannya, IYL yang berkunjung ke negara yang sistem pendidikannya terbaik di dunia tersebut, memanfaatkan untuk berburu referensi ke salah satu tokoh buku terbesar di Finlandia yang terletak di jantung kota Helsinki.

Selama sekira dua jam sebelum IYL menikmati makan malam bersama rombongan, pencetus pertama Perda Pendidikan Gratis di Indonesia ini, “memborong” beberapa buku tentang pendidikan di negara tersebut.

Selain itu, IYL yang ditemani beberapa guru besar bidang pendidikan asal Indonesia, juga memperhatikan model atau kemasan buku yang digunakan para siswa di sekolah dasar. Termasuk isi di dalamnya yang bisa memudahkan para siswa.

“Sangat penting bagi kami untuk memperkaya referensi tentang pendidikan dasar yang diterapkan di Finlandia. Banyak hal yang mesti kita pelajari, sekaligus memetik manfaat untuk ikut berkonstribusi dalam perbaikan kualitas pendidikan di Indonesia,” tutur IYL, saat ditanya, Selasa (10/10/2017) dinihari, waktu Indonesia.

Sesuai rencana, IYL akan melakukan penelitian selama dua hari ke depan di Finlandia, baik di instansi Pemerintah yang fokus menangani pendidikan, maupun berkunjung langsung di sekolah yang dijadikan sampel penelitian.

Baik di dinas pendidikan setempat, maupun di sekolah yang dikunjungi, IYL juga akan melakukan wawancara langsung ke pejabat yang berwenang,  serta guru. Termasuk melihat langsung proses belajar mengajar di dalam kelas, maupun fasilitas pendukung di dalamnya.


div>