SENIN , 20 AGUSTUS 2018

RJM Deklarasi Mendukung Mahfud MD Sebagai Cawapres Jokowi

Reporter:

Editor:

pkl uim

Rabu , 01 Agustus 2018 12:15
RJM Deklarasi Mendukung Mahfud MD Sebagai Cawapres Jokowi

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Mahfud MD dianggap tokoh yang pantas mendampingi Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019 mendatang. Penilaian ini merujuk dari rekam jejak guru besar hukum Universitas Islam Indonesia (UII) yang nyaris tanpa cela. Di samping itu, Mahfud dinilai tidak ambisius terhadap kekuasaan.

Peneliti senior Poltracking Indonesia, Ahmad T Wibowo sepakat dengan itu. “Tidak ada calon wakil presiden yang sempurna. Tetapi, kami bisa mengatakan bahwa figur tepat pendamping Jokowi adalah sosok yang bisa melengkapi kebutuhan Pak Jokowi saat ini. Paling tidak tiga hal,” kata Bowo, sapaan akrabnya, kepada wartawan di Jakarta, kemarin.

Hal pertama, menurut Bowo, figur cawapres harus mampu menutup kebutuhan elektabilitas Jokowi. Selain itu, figur tersebut harus diterima kalangan pemilih muslim, sebab selama ini selalu diopinikan bahwa Jokowi berseberangan dengan kalangan muslim.

Faktor berikutnya, lanjut Bowo, figur itu harus diterima partai koalisi pendukung pemerintah atau minimal tidak mengganggu koalisi Jokowi.

“Pak Mahfud MD saya kira ada peluang. Masih ada waktu untuk menaikkan citranya dalam memperkuat elektabilitas Jokowi,” ujarnya.

Mahfud juga dikenal sebagai tokoh muslim moderat yang kapabel dan berintegritas sertaa mendapat dukungan masyarakat antikorupsi dan civil society.

Secara ketokohan, tambah Bowo, Mahfud MD juga dekat dengan kalangan Nahdlatul Ulama (NU) dan relatif dapat diterima oleh seluruh partai koalisi.

“Jika kalkulasi atas aspek-aspek tersebut yang dinilai, maka sosok Mahfud MD paling cocok mendampingi Pak Jokowi,” tegasnya.


div>