KAMIS , 20 SEPTEMBER 2018

RMS Atau Cakka, Figur Tepat Mendampingi IYL

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Kamis , 01 Juni 2017 17:36
RMS Atau Cakka, Figur Tepat Mendampingi IYL

int

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dua figur populer dinilai paling layak diperhitungkan sebagai bakal calon wakil gubernur pasangan Ichsan Yasin Limpo (IYL) pada Pilgub Sulsel 2018. Selain pertimbangan geopolitik, dua figur ini dianggap tepat berdasarkan pengalaman pengabdian di pemerintahan maupun kiprahnya di partai politik.

Penilaian tersebut dikemukakan sejumlah pengamat politik Sulsel yang dihubungi terpisah, Kamis (1/6/2017). Kedua figur dimaksud adalah Rusdi Masse (RMS) dan Andi Mudzakkar alias Cakka. RMS yang kini menjabat Bupati Sidrap dua periode dinilai  paling representatif mewakili geopolitik Ajatappareng. 

Adapun Andi Mudzakkar yang menjabat Bupati Luwu, sebagai tokoh refresentasi geopolitik Luwu Raya. “Peluang kandidat yang lainnya juga terbuka, namun dari beberapa aspek pertimbangan politik menjadikan kans RMS dan Cakka yang paling layak diperhitungkan,” ujar Adi Suryadi Culla, pengamat politik asal Universitas Hasanuddin.

Buka puasa bersama antara IYL dan RMS boleh saja diartikan sebagai silaturahmi biasa. Namun pertemuan tersebut, nilai Suryadi, mencerminkan kebersamaan antara IYL dan RMS yang selalu terjaga. “Tidak menutup kemungkinan, IYL berpasangan dengan RMS,” katanya.

Paket IYL-RMS dinilai saling melengkapi. Selain berasal dari geopolitik berbeda, RMS yang kini memimpin Partai NasDem Sulsel diyakini bisa menjadi kekuatan luarbiasa untuk lebih menguatkan IYL. “Mesin politik NasDem bisa sangat efektif ke depan,” katanya.

[NEXT-RASUL]

“Posisi RMS sebagai ketua partai hampir mencakup seluruh wilayah sulsel. Ini membuktikan punya power, mewakili basis geopolitik ajatappareng. Sehingga masing memiliki indikator kekuatan politik yang bisa berkontribusi terhadap IYL,”  tambah Adi Suryadi Culla.

Rusdi Masse mewacana bersama Andi Aslam Patonangi sebagai figur baloncawagup pendamping IYL asal geopolitik Ajatappareng.

Hal senada disampaikan pengamat politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad. Menurutnya, RMS dan Cakka memiliki peluang yang sama ubtuk menjadi cawagub pasangan IYL.

RMS, kata dia, tidak sebatas mewakili geopolitik Ajatappareng, namun memiliki grasroot yang baik di semua daerah terutama sebagai Ketua NasDem Sulsel. 


Tag
  • Iyl rms
  •  
    div>