SELASA , 16 OKTOBER 2018

Road Show Paccarita Pare TV ke Sekolah-sekolah, Siswa SMPN 2 Tampilkan Stand Up Comedy Bugis

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 10 Januari 2016 20:49
Road Show Paccarita Pare TV ke Sekolah-sekolah, Siswa SMPN 2 Tampilkan Stand Up Comedy Bugis

Host Paccarita PareTV, Wakkarennu memberi kesempatan kepada siswa SMPN 2 Parepare, Danu Rahardi Dandi untuk menampilkan stand up comedy berbahasa Bugis dalam program Paccarita, di lapangan SMPN 2 Parepare, Sabtu, 08 Januari 2016. (Rahmaniar/RakyatSulsel)

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Makin kreatif, makin maju. Demikian slogan televisi lokal, Pare TV yang baru mengudara selama tujuh bulan menemani masyarakat dengan program-program edukasi dan kearifan lokal ini. Di awal tahun ini, stasiun TV yang dinaungi PT Fajar Television ini kembali membuat gebrakan baru. Ya, Paccarita melakukan Road Show ke sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi dan hiburan dalam pengembangan budaya lokal di kalangan para siswa.

Untuk kali pertama, road to show digelar di SMPN 2 Parepare dalam pembelajaran pengembangan diri yang dilaksanakan, Sabtu (9/1) kemarin, di awal pembelajaran. Tampaknya, kehadiran Paccarita yang memberikan hiburan dan edukasi ini tampil memukau dan menghipnotis siswa dan para guru. Bahkan hingga acara selesai, siswa tak juga beranjak dari tempat duduknya.

Dalam acara tersebut, host Paccarita, Wakkarennu berhasil membius siswa dan guru-guru dengan khas humor Bugisnya. Satu persatu pun siswa diajak berinteraksi, dan bahkan ada seorang siswa berhasil menampilkan stand up comedy bahasa Bugis yang sedikit digabung dengan bahasa Indonesia yang mampu membuat semua guru dan siswa lain tercengang dan tertawa lepas, bak tanpa beban.

“Lucu sekali, saya tidak nyangka Danu (nama siswa yang membawakan stand up comedy) bisa melucu dengan bahasa Bugis, apalagi bisa tampil begitu percaya diri di depan kamera dan di depan semua siswa,” ujar Rafi, salah seorang siswa kelas VIII memberi apresiasi kepada adik kelasnya, Danu Rahardi Dandi.

Kehadiran Paccarita road show ke sekolah-sekolah sangat diapresiasi oleh Kepala SMPN 2 Parepare, Hj Sri Enyludfiah. Menurut Sri, kehadiran Paccarita ke sekolah-sekolah sangat perlu diapresiasi sebagai bentuk penguatan budaya lokal dan menjadikan siswa mencintai bahasa daerah sebagai salah satu unsur budaya.

“Saya sangat mengapresiasi kehadiran Paccarita Road Show ke sekolah, ini dapat meningkatkan kecintaan siswa terhadap budaya, sebagaimana bahasa daerah itu merupakan unsur budaya,” katanya.

Manager Pare TV, Ibrahim Leman mengatakan, program Paccarita road show merupakan program baru Pare TV di tahun 2016 untuk berbaur dengan masyarakat, termasuk pelajar dalam memperkenalkan dan menanamkan kecintaan terhadap kekayaan budaya lokal yang dimiliki masyarakat Bugis. “Jadi bukan hanya di sekolah-sekolah tetapi kita juga akan road show di tengah-tengah masyarakat maupun komunitas-komunitas, dan untuk pertama kali kita pilih di SMPN 2 Parepare,” tandas Ibrah, sapaan manager sekaligus Ustadz ini.


div>