MINGGU , 18 FEBRUARI 2018

Ronaldo Pembuka Pesta Gol Portugal ke Gawang Selandia Baru

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Minggu , 25 Juni 2017 08:37
Ronaldo Pembuka Pesta Gol Portugal ke Gawang Selandia Baru

int

SELANDIA BARU – Portugal mengunci tiket ke semifinal Piala Konfederasi 2017 dengan cara elok. Pada laga terakhir Grup A melawan Selandia Baru di Saint Petersburg Stadium, Seleccao Das Quinas menang 4-0, Sabtu (24/6).

Di atas kertas, Portugal memang dijagokan bisa menang mudah atas Selandia Baru. Terlebih, lawannya adalah penghuni juru kunci klasemen Grup A dan sudah dipastikan angkat koper sejak kalah dari Rusia dan Meksiko.

Meski begitu, Portugal butuh waktu lebih dari setengah jam untuk bisa membongkar pertahanan berlapis yang digalang anak asuh Anthony Hudson. Keputusan Hudson memasang lima bek memang membuat Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan cukup kesulitan pada awal babak pertama.

Baru pada menit ke-33, Ronaldo mampu memecah kebuntuan melalui gol penaltinya ke gawang Stefan Marinovic. Gol itu sekaligus menjadi awal malapetaka bagi gawang Selandia Baru.

Lima menit setelahnya, Portugal langsung menggandakan keunggulan kali ini melalui gol Bernardo Silva. Gol itu sekaligus membuat Portugal unggul 2-0 sampai babak pertama berakhir.

Selepas jeda, Selandia Baru coba mengubah taktik. Portugal pun dibuat kesulitan untuk bisa menambah gol pada awal babak kedua. Gol ketiga anak asuh Fernando Santos baru tercipta pada sepuluh menit jelang waktu normal berakhir melalui Andre Silva.

Pada masa injury time, Portugal melengkap pesta melalui gol Nani, yang masuk menggantikan Ronaldo pada pertengahan babak kedua. Gol itu membuat Portugal mengunci kemenangan 4-0 atas Selandia Baru sampai wasit meniup peluit akhir laga.

Kemenangan ini memastikan Portugal lolos ke semifinal sebagai juara grup A. Mereka memiliki poin sama denga Meksiko, yakni 7, tapi unggul selisih gol. Sementara, tuan rumah Rusia gagal ke semifinal setelah kalah dari Meksiko.

SUSUNAN PEMAIN

Selandia Baru (5-3-2): 1-Stefan Marinovic; 16-Dane Ingham, 5-Michael Boxall, 22-Andrew Durante (10-Shane Smeltz 74′), 20-Tommy Smith, 17-Thomas Doyle; 15-Clayton Lewis (Kosta Barbarouses 65′), 8-Michael McGlinchey (Bill Poni Tuiloma 37′), 14-Ryan Thomas; 11-Marco Rojas, 9-Chris Wood

Pelatih: Anthony Hudson

Portugal (4-4-2): 1-Rui Patricio; 11-Nelsinho, 3-Pepe, 2-Bruno Alves, 19-Eliseu; 10-Bernardo Silva (Pizzi 46′), 13-Danilo Pereira, 8-Joao Moutinho, 20-Ricardo Quaresma (Gelson Martins 83′); 9-Andre Silva, 7-Cristiano Ronaldo (Nani 67′)

Pelatih: Fernando Santos

(ira/JPG)


div>