MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Rp 3 Miliar Mengalir ke KPK?

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 19 April 2016 11:27
Rp 3 Miliar Mengalir ke KPK?

Ilustrasi KPK.

RakyatSulsel.com — Ada pengakuan cukup mencengangkan datang dari salah satu saksi kasus suap politisi PDIP Damayanti Wisnu Putranti. Dalam persidangan dengan terdakwa Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama (WTU), Abdul Khoir yang digelar di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Senin (18/4), terkuak adanya upaya penyuapan dari para pengusaha kontruksi terkaitan dengan perkara Damayanti di KPK.

Pengakuan itu disampaikan pengusaha kontruksi asal Maluku, So Kok Seng saat menjadi saksi dalam sidang penyuap Damayanti, Abdul Khoir. Ketika itu ketua majelis hakim Mien Triesnawati bertanya ke So Kok Seng mengenai uang-uang pernah digelontor untuk proyek di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

’’Uang Rp 5 miliar yang pernah anda keluarkan itu untuk keperluan apa?’’ tanya Hakim Mien. Mengejutkannya, So Kok Seng merinci uang itu sebagian untuk mengamankan perkara di KPK.

’’Kurniawan mengatakan posisi saya dalam perkara ini sudah terancam. Jadi saya serahkan uang Rp 3 miliar ke untuk mengamankan KPK,’’ ujar Aseng, sapaan So Kok Seng.

Aseng mengaku tak tahu apakah uang itu akhirnya sampai ke oknum di KPK atau tidak. Yang pasti, Aseng merasa percaya pada Kurniawan karena dia punya koneksi yang luas di DPR.

Dalam perkara Damayanti, posisi Aseng memang terancam. Rumah dan kantor Aseng pernah digeledah penyidik KPK. Bahkan, namanya telah masuk dalam daftar cegah ke luar negeri.

[NEXT-RASUL]

Dalam dakwaan Abdul Khoir, KPK juga menjelaskan dengan detail peran Aseng.
Selain menyerahkan uang Rp 3 miliar untuk mengamankan KPK, Aseng juga memberikan fulus ke kolega separtai Kurniawan di Komisi V DPR, Yudi Widiana.

Uang yang diberikan pada Yudi sebesar Rp 2 miliar. ’’Uang itu untuk proyek di Maluku yang dibiayai dari dana aspirasi jatah Yudi Widiana. Saya berikan lewat Kurniawan,’’ terangnya.

Terpisah, Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati mengatakan harusnya laporan itu disampaikan ke KPK. ’’Pengakuan ini dalam penyidikan tak terungkap,’’ katanya.(gun/JPG)


Tag
div>