SELASA , 16 OKTOBER 2018

Rp2 Miliar,  Revitalisasi Istana Balla Lompoa dan Tamalate

Reporter:

Editor:

Arif Saeni

Rabu , 08 Agustus 2018 12:16
Rp2 Miliar,  Revitalisasi Istana Balla Lompoa dan Tamalate

int

GOWA,  RAKYATSULSEL. COM—— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa mulai merevitalisasi kompleks museum istana Balla Lompoa dan Istana Tamalate pada 2018 ini.

Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, dana untuk revitalisasi kedua bangunan yang terletak dalam satu kawasan tersebut sudah dimasukkan dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Perubahan, sebesar Rp2 miliar.
“Rencananya akan dilakukan tahun ini dan tahun  depan. Untuk tahun ini sudah kita anggarkan Rp2 miliar untuk perbaikan atap, plafon, maupun fasilitas umum seperti wc,” ungkapnya.
Karena itu bupati termuda di Indonesia Timur itu juga mengajak keluarga Kerajaan Gowa duduk bersama agar museum tersebut dapat dikelola, dilestarikan, dan dijadikan sebagai destinasi pariwisata terbaik di Indonesia.
Dia berharap, kedepan Pemkab Gowa dan pihak keluarga kerajaan Gowa bisa bergandengan tangan menjaga warisan adat istiadat dan budaya Gowa.
“Gowa itu tak hanya memiliki wisata alam. Tapi daerah ini lengkap, juga memiliki wisata sejarah. Potensi wisata yang belum tentu dimiliki semua daerah,” paparnya.
Sementara itu, mewakili keluarga besar Kerajaan  Gowa, Andi Kumala Andi Idjo Daeng, berterima kasih atas ketulusan Bupati Gowa membangun hubungan silaturahmi dengan keluarga Kerajaan Gowa.
“Gowa harus dibangun bersama, bergendengan tangan. Jangan lagi ada pertentangan. Pertentangan tidak membawa kemajuan. Yang harus kita pikirkan apa yang mau kita lestarikan untuk anak cucu kita,” ujarnya.
Menurutnya, Pemkab dan Keluarga Kerajaan harus berkolaborasi untuk menjaga akar budaya darah ini, bersama-sama mencapai cita-cita mensejahterakan masyarakat. (***)

Tag
div>