SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

RSUD Jamin Pemberian Gizi Makanan Bagi Pasien Memenuhi Standar

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 24 Maret 2017 16:03
RSUD Jamin Pemberian Gizi Makanan Bagi Pasien Memenuhi Standar

Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik, RSUD Tipe B Andi Makkasau Kota Parepare, Pupung.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Instalasi Gizi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe B Andi Makkasau Kota Parepare, menjamin makanan yang disajikan untuk pasien, dalam kondisi higienis dan steril. Hal tersebut, diungkapkan Penanggung Jawab Instalasi Gizi RSUD Andi Makkasau,Fatimah Hakim.

Dia mengatakan, pemberian makanan kepada pasien dilakukan sebanyak tiga kali dalam seharinya yaitu pada jam sarapan, makan siang, maupun makan malam. Begitupun, kata dia, untuk para staf dan pegawai. “Namun, khusus staf dan pegawai cukup diberikan snack saat sarapan, dan mie instan pada saat makan siang dan makan malam,” katanya, Jum’at (24/03/2017).

Dia menjelaskan, makanan yang disajikan diolah sendiri di ruangan instalasi gizi oleh staf gizi yang berjumlah 11 orang. Selain itu, katanya, juga ada tenaga yang ahli dalam bidang memasak, yang disesuaikan dengan keilmuannya. “Setelah diolah, ada tempat penyajian makanan, sehingga tidak bercampur. Begitupun gerobak masuk persatu dan pintu masuk maupun pintu keluarnya juga berbeda,” ujarnya.

Sementara, Kepala Sub Bidang Pelayanan dan Penunjang Medik, Pupung, menjelaskan, menu yang disajikan pihak rumah sakit, dijamin kebersihannya. Apalagi, kata dia, hal tersebut lebih ditunjang dengan difungsikannya ruang baru. “Jadi, mutu makanan juga dijamin, dengan memenuhi standar gizi makanan yang sehat,” ujarnya.

Terpisah, Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Andi Makkasau, Renny Anggraeni Sari, mengungkapkan, pelayanan yang diberikan d bagian Instalasi Gizi rumah sakit, telah memnuhi standar kualitas pelayanan. Hanya saja, kata dia, saat ini RSUD belum memiliki Dokter Ahli Gizi, namun hal tersebut tidak menjadi hambatan dalam memberikan gizi yang terbaik.

“Jika ada pembukaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), maka kami akan usulkan formasinya. Namun, jika tidak, kami akan meminta kerjasama dengan bagian gizi Fakultas Kedokteran, Universitas Negeri Hasanuddin (Unhas) Makassar,” pungkasnya. (Luki)


Tag
div>