SENIN , 19 NOVEMBER 2018

RSUD Pangkep Wajib Raih Akreditasi Tahun Ini

Reporter:

Atho Tola

Editor:

Iskanto

Jumat , 14 September 2018 09:45
RSUD Pangkep Wajib Raih Akreditasi Tahun Ini

Dirut RSUD Pangkep, dr.Annas Ahmad (kiri).

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Kabupaten Pangkep, Annas Ahmad berjanji akan memenuhi segala persyaratan administrasi dan pelayanan rumah sakit. Hal itu untuk meraih akreditasi paripurna dari Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS) yang akan dilaksanakan (18/09) mendatang.

“ini warning bagi rumah sakit harus terakreditasi tahun ini. Kalau tidak bisa bahaya bagi pemerintah dan masyarakat Pangkep,” ujar Annas di ruang pengawas RSUD Kab Pangkep, kamis (13/09).

Menurut Dokter Spesialis bedah tersebut, akreditasi wajib dimiliki rumah sakit untuk persyaratan dalam memperpanjang izin operasional RSUD Pangkep yang sudah kadaluarsa sejak 2014 lalu.

“Resikonya, kalau ini tidak dilakukan, selain izin operasional dicabut juga pihak BPJS Kesehatan bisa memutuskan kerja samanya. Ini sangat berbahaya karena sudah disyaratkan dalam aturan akreditas rumah sakit sejak Januari 2018,” tambahnya.

Saat ini, lanjut dr Annas, pihaknya tengah mempersiapkan pembimbingan akreditasi. Termasuk pelayanan dan peralatan rumah sakit untuk disurvei oleh tim akreditasi SNARS (standar nasional akreditasi rumah sakit) pada 18 September mendatang.

RSUD Pangkep sendiri, terakhir menerima SK Akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) tahun 2011 dan berlaku sebagai akreditasi Tingkat Lanjut hingga 6 Juli 2014.

Sertifikat ini diberikan sebagai pengakuan bahwa rumah sakit Pangkep telah memenuhi standar pelayanan rumah sakit. Meliputi administrasi manajemen, pelayanan medis, pelayanan gawat darurat, pelayanan keperawatan dan rekan medis, pelayanan farmasi, pelayanan radiologi, K3, pelayanan laboratorium, pelayanan kamar operasi, pelayanan pengendalian infeksi di rumah sakit dan pelayanan prinatal risiko tinggi. (*)


div>