MINGGU , 16 DESEMBER 2018

RSUD Parepare Siagakan Alat Pendeteksi Cepat Penyakit TB

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 03 Agustus 2018 15:26
RSUD Parepare Siagakan Alat Pendeteksi Cepat Penyakit TB

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Kasus Penyakit Tubercle Bacillus (TB) atau yang dikenal dengan TBC di Parepare kian meningkat.

Untuk menekan jumlah peningkatannya, Dokter Ahli Paru Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare, dr Nevy Shinta Damayanti, mengajak warga untuk melakukan pencegahan dengan cara mengenali tanda-tanda penyakit menular ini.

Selain itu, lanjut dia, tanda-tanda penyakit TB dimulai dari batuk-batuk yang berangsur-angsur hingga dua minggu, kencing manis, demam, dan berat badan mulai menurun.

“Jika ditemukan tanda-tanda demikian, segeralah periksakan diri ke puskesmas atau rumah sakit,” imbau dr Nevy, Jumat, (3/8/2018).

Dokter yang konsen mengkampanyekan bahaya rokok ini juga mengemukakan faktor lain sebagai pemicu utama penyakit TB.

“Faktor lain meningkatnya pasien TB, itu karena disertai penggunaan rokok yang belum bisa ditanggulangi, bahkan sudah menjalar sampai ke anak-anak,” urai Nevy.

Di RSUD Andi Makkasau sendiri, kata dia, sudah memiliki alat canggih yang dapat digunakan untuk mendeteksi dengan cepat penyakit TB. Alat tersebut dinamai Tes Cepat Molekuler (TCM).

“TCM itu digunakan untuk mendeteksi lebih cepat pasien. Sudah sering digunakan. Ada pasien TB biasa, maupun pasien yang sudah kebal obat. Rata-rata kakek-kakek dan Bapak-bapak,” terangnya. (*)


div>