SABTU , 23 JUNI 2018

Rumah Warga Miskin di Pangkep Akan Dipasangi Stiker

Reporter:

Atho

Editor:

Lukman

Senin , 05 Februari 2018 18:49
Rumah Warga Miskin di Pangkep Akan Dipasangi Stiker

Kepala Dinas DPMD Kabupaten Pangkep, Abdul Haris Has

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Mengantisipasi penyalahgunaan status warga miskin, Pemerintah Kabupaten Pangkep, dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, akan memasangkan stiker di rumah warga, yang sudah terdata sebaga masyarakat miskin, atau penerima bantuan.

Hal tersebut diutarakan Kepala Dinas DPMD Kabupaten Pangkep, Abdul Haris Has saat ditemui, Senin (05/02). Menurutnya pemasangan stiker tersebut sebagai tanda serta efek jera bagi masyarakat yang kerap mengaku miskin, padahal masuk golongan masyarakat sejahtera.

“Kita antisipasi ini, biar mereka yang berpura pura miskin, dapat sanksi sosial, kita beri efek jera, biar sekalian malu,” ujar Haris.

Untuk ukuran stiker sendiri, Haris mengupayakan berukuran besar, agar mudah dilihat dan diberi warna mencolok.

“Ukurannya itu kira-kira 30 sentimeter, warnanya cerah, dan ditempel tepat di pintu rumah, itu juga sebagai penanda bagi penerima bantuan nantinya,” tambahnya.

Terkait tingkat kemiskinan di Pangkep, pihak DPMD menyiapkan program pembinaan bakat, sehingga mereka yang masuk kategori miskin, dapat lebih mandiri dan perlahan keluar dari garis kemiskinan.

“Jadi untuk warga miskin kita akan gunakan model pembinaan, jadi kita bina agar mandiri, karena kalau semata bantuan, apapun pasti akan habis kemudian mereka mengharap lagi, tanpa berusaha,” jelas Haris.

Dalam melakukan pendataan, pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Pangkep sendiri, akan melakukan pemutakhiran data masyarakat miskin desa, dari tingkat RT/ RW yang sebelum disodorkan ke tingkat dusun dan desa atau kelurahan, data tersebut terlebih dahulu dirapatkan dalam sebuah pertemuan tingkat RT/RW. (*)


div>