SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Rumput Laut Diekspor ke Tiongkok

Reporter:

Rusman

Editor:

asharabdullah

Selasa , 20 Maret 2018 11:45
Rumput Laut Diekspor ke Tiongkok

ist

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sulsel dikenal sentra rumput laut di Indonesia. Sebagian besar produksinya diekspor ke Tiongkok. Selain itu, juga diekspor ke Chili dan Filipina.

Kepala Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Makassar, Sitti Chadidjah di Makassar, Senin (19/3), mengutarakan, ada masalah yang dihadapi saat ini yang dapat menghambat ekspor rumput laut Sulsel. Yakni adanya kebijakan Amerika Serikat yang mencabut (delisting) produk karaginan rumput laut dari daftar bahan pangan organik nasional atau National Organic Standards Board.

Delisting ini merupakan strategi dagang business to business atau B to B yang harus dicarikan solusinya agar tidak merugikan negara eksportir.

Meskipun Amerika Serikat bukan tujuan ekspor rumput laut dari Sulsel, tetapi negara adidaya itu, tujuan ekspor hasil olahan rumput laut dari Tiongkok.

Sementara, negara Tiongkok sendiri adalah tujuan terbesar Sulsel, sehingga dapat mempengaruhi kondisi ekspor.

Chadidjah mengatakan, mengenai jaminan mutu rumput laut asal Sulsel telah dipercaya importir Tiongkok, sehingga tidak masalah lagi. Selama ini Tiongkok ditambah dua negara lainnya, yakni Chili dan Filipina memang banyak meminta rumput laut dari Sulsel.

Chadidjah menambahkan, produksi rumput laut Sulsel ditopang daerah sekitarnya.

Data dari Balai Besar Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Makassar Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), volume domestik rumput laut yang masuk melalui Pelabuhan Paotere Makassar sepanjang September 2017 hingga Januari 2018 mencapai 567 ton.

Rumput laut tersebut berasal dari Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Maluku, Kalimantan Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tengah.

BKIPM Makassar berupaya dan berkomitmen menjaga jaminan mutu ekspor sektor perikanan seperti rumput laut agar negara pengimpor selaku mitra tetap percaya. Melalui pemeriksaan ketat dengan sejumlah barometer sebelum dikirim. (*)


div>