SENIN , 22 OKTOBER 2018

Rutan Makassar Giatkan Penyuluhan Rohani

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Minggu , 27 Maret 2016 19:44

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kerusuhan yang berujung maut di Rumah Tahanan (Rutan) Malabero, Bengkulu,  beberapa waktu lalu, menjadi perhatian Kepala Rumah Tahanan Klas I Makassar, Surianto.

Bahkan, Rutan Klas I Makassar telah mengatisipasi peristiwa seperti itu sejak dahulu dengan mengadakan penyuluhan rohani kepada seluruh tahanan.
“Tiap hari kita memberikan siraman rohani keagamaan, baik itu Muslim maupun agama lain,” ujarnya, Minggu (27/3).‎
Surianto menambahkan, jika dirinya telah melakukan pembinaan terlebih dahulu dengan menjaga kekompakan seluruh petugas rutan.
“Hal utama yang mesti dilakukan untuk mencegah kerusuhan di rutan, pertama memperlakukan para tahanan secara manusiawi. Jika tidak dianggap sebagai manusia ini bahaya. Siapapun dia pasti akan melawan jika kita perlakukan sebagai binatang. Semut tidak sengaja kita injak pasti akan menggigit,” katanya.
Sementara, Humas Polda Sulselbar, Komisaris Besar Frans Barung Mangera, mengatakan, pihak kepolisan senantiasa melakukan pemantauan ke rutan khususnya di wilayah hukumnya.
“Kami membantu untuk memastikan tidak ada barang berbahaya maupun pengelompokan tahanan atau narapidana di rutan,”ungkapnya. (***)‎

 


div>