RABU , 19 DESEMBER 2018

Saatnya Kita Juara

Reporter:

rakyat-admin

Editor:

Sabtu , 17 Desember 2016 19:01
Saatnya Kita Juara

Stefano Lilipaly (kedua kanan), pemain tim nasional Indonesia bersama rekan setimnya saat berlatih dan uji coba lapangan di Stadion Nasional Mangala, Bangkok, Thailand, kemarin (16/12)

RakyatSulsel.com – Ini bukan kali pertama Indonesia lolos ke final Piala AFF. Sudah empat kali (2000, 2002, 2004, dan 2010). Tapi, semuanya berujung kegagalan. Kali ini peluang mengakhiri paceklik juara terbuka lebar Berbekal kemenangan 2-1 pada final pertama di Stadion Pakansari, Bogor (14/12), skuad Garuda -julukan timnas Indonesia- hanya butuh hasil imbang dari laga melawan tuan rumah Thailand di Stadion Rajamangala, Bangkok, malam ini.

Pelatih Indonesia Alfred Riedl menyatakan bahwa timnya siap tempur. Tidak ada beban. Nothing to lose. “Sejak leg pertama, saya sudah melihat bahwa kami tidak memiliki tekanan apa-apa untuk pertandingan final ini. Justru tekanan itu ada pada Thailand,” kata Riedl dalam konferensi pers di Emerald Bangkok Hotel kemarin. “Bagi kami, bisa lolos sampai final saja sudah melampaui ekspektasi,” tambahnya.

Ekspresi Riedl menyiratkan kondisi tersebut. Dia melempar banyak senyum. Pelatih asal Austria itu terlihat lebih rileks bila dibandingkan dengan arsitek tuan rumah, Kiatisuk Senamuang. Riedl juga beberapa kali melempar joke yang membuat para awak media tertawa.

Riedl menegaskan bahwa timnya akan tetap bermain fight. Kemenangan 2-1 pada laga pertama memang menjadi modal positif. Tapi, gelar juara belum digapai. Masih ada satu laga lagi yang harus diamankan.

Kecuali Andik Vermansah yang mengalami cedera, semua penggawa Indonesia bisa dimainkan. Meski begitu, jadwal recovery yang hanya dua hari bisa menjadi kendala. Faktor kelelahan membayangi Boaz Solossa dkk.

Sementara itu, tidak ada pilihan bagi Thailand selain harus menang. Skuad tuan rumah terlihat sangat serius saat menjalani latihan resmi di Stadion Rajamangala tadi malam. Pemandangan itu berbanding terbalik dengan yang mereka tunjukkan di Pakansari tiga hari lalu.

“Target utama kami adalah memenangi laga besok (hari ini, Red). Sebab, tujuan kami adalah menjuarai turnamen ini. Kondisi pemain kami siap untuk mengejar target itu,” kata pelatih Thailand Kiatisuk Senamuang.

“Besok akan menjadi pertandingan yang menarik karena Indonesia juga punya harapan yang sama,” tutur eks penyerang andalan timnas Thailand itu.

Kalau Indonesia belum pernah menjadi juara, Thailand adalah tim terbaik dalam sejarah perhelatan Piala AFF. Pasukan Gajah Putih itu telah empat kali menjadi juara turnamen sepak bola paling akbar di kawasan Asia Tenggara tersebut. (jpg)


div>