SELASA , 21 AGUSTUS 2018

Salut, Kodim Enrekang Hidupkan Sawah Tidak Produktif

Reporter:

Editor:

Niar

Sabtu , 17 Februari 2018 17:44
Salut, Kodim Enrekang Hidupkan Sawah Tidak Produktif

int

ENREKANG, RAKSUL.COM-Upaya Dandim 1419/Enrekang Letkol Inf. Aries Dwiyanto yang didukung Danramil dan Babinsa Koramil 1419-03/Baraka untuk menghidupkan 71 hektar sawah tidak produktif menjadi sawah produktif di Kelurahan Bala Kecamatan Baraka Kabupaten Enrekang akhirnya terwujud.

Danramil 03/Baraka Kapten Inf Muktar dan Serda Suharman Rahman Babinsa Kelurahan Balla dengan penuh semangat pada hari Sabtu tanggal 17 Februari 2018 pukul 07.30 Wita melakukan kegiatan membantu para petani melakukan penanaman padi secara serentak tahap awal milik Bapak Syukur dan Bapak Jamaludin seluas 3 hektar di Kelurahan Balla Kecamatan Baraka.

Sawah tersebut merupakan bagian dari 71 hektar sawah yang sudah 3 tahun tidak pernah ditanami, namun berkat kerja sama Kodim 1419/Erk dengan Distan Kab. Enrekang yang terus memotivasi para petani sehingga akhirnya mereka mau mengolah dan menanami sawahnya kembali.

Penanaman hari ini merupakan tanda dimulainya penanaman serentak di areal sawah seluas 71 hektar tersebut. Kegiatan tsb merupakan Upsus Han Pangan yang dilakukan Kodim 1419/Erk untuk menambah Luas Tambah Tanam (LTT) padi di lahan-lahan tidur yang ada di wilayah Kab.Enrekang. Kegiatan penanaman padi seluas 71 hektar di Kelurahan Balla akan dilanjutkan sampai dengan selesai beberapa hari ke depan dengan cara gotong royong.

Selama ini masyarakat Kelurahan Balla banyak yang melakukan usaha menanam bawang merah dan membiarkan sawahnya tidak ditanami padi. Kondisi tersebut dilaporkan oleh Babinsa kepada Danramil Baraka dan dilanjutkan kepada Dandim 1419/Erk. Setelah mendapat laporan tersebut maka Dandim 1419/Erk langsung mengajak Distan Kab.Enrekang untuk turun ke lapangan.

Setelah dilaksanakan dialog dan memotivasi masyarakat petani akhirnya disepakati untuk mengolah dan menanami sawah dengan tanaman padi secara serentak untuk menghindari mewabahnya hama khususnya hama tikus. Danramil dan Babinsa hampir setiap hari mulai bulan November 2017 selama 3,5 bulan mendampingi petani mengolah sawahnya mulai dari pembersihan sawah dan saluran irigasi, membajak sawah, menabur benih dan akhirnya sampai siap tanam pada awal bulan Februari 2018.

Pada kegiatan tanam padi secara serentak tersebut selain diikuti dan dihadiri oleh Danramil 1419-03/Baraka dan Babinsa juga tampak Lurah Kelurahan Balla, Petugas Penyuluh Lapangan dan Masyarakat Petani Kelurahan Balla sekitar 80 orang.

Kodim 1419/Enrekang akan mendampingi dan mengawal para petani padi Kelurahan Balla sampai kegiatan panen. Semoga apa yang telah dilakukan oleh Para Petani dan Para Personel Kodim 1419/Enrekang akan berhasil sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Enrekang. Ada sawah tidur sekitar 300 hektar di Kecamatan Malua dan Kecamatan Baraka. Kita sdh motivasi dan 71 sudah mulai tanam.

(Penrem 142/Tatag)


div>