MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Sambungan Baru Listrik Bisa Dicicil

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 21 Desember 2017 23:30
Sambungan Baru Listrik Bisa Dicicil

GM PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar Bob Saril (kanan) memberikan presentase kelistrikan di depan pengurus DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Kamis (21/11). foto: doelbeckz/rakyatsulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar di bawah nakhoda Bob Saril membuat terobosan berupa kemudahan kepada masyarakat yang akan melakukan sambungan baru listrik. Yaitu, kebijakan dapat mencicil biaya pemasangan baru listrik.

General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, Bob Saril, menjelaskan, kebijakan itu berlaku secara umum untuk semua calon pelanggan baru.

“Saat ini masyarakat kecil pun sudah dapat menikmati listrik. Hanya dengan Rp199 ribu sudah menikmati listik untuk biaya sambungan dengan cara mencicil. Ini kemudahan yang kita berikan dalam memasyarakatkan listrik hingga ke pelosok desa. Ini juga berlaku bagi pengusaha, mulai dari kecil, menengah hingga besar,” jelas Bob ketika melakukan presentase kelistrikan di depan pengurus DPP Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sulsel di Grand Clarion Hotel & Convention Makassar, Kamis (21/11).

Bob mengatakan, kebijakan ini merupakan terobosan yang sudah berjalan kurang lebih dua bulan. “Sekarang masyarakat sudah bisa dengan mudah menikmati listrik. Termasuk melalui cara mencicil biaya sambungan,” jelasnya.

“Kalau di bank menyicil itu ada bunga, kalau kita di PLN tidak ada bunga. PLN itu bukan bank,” tambahnya.

Bob mengatakan, cicilan biaya sambungan baru ini, variatif tergantung besarnya daya listrik. “Untuk pelanggan kecil cicilan bisa sampai empat kali. Sementara, pelanggan menengah dan besar sampai 12 kali berdasarkan besarnya industri,” jelasnya.

Sementara, Manager Niaga PT PLN (Persero) Wilayah Sulselrabar, A Aris S, menambahkan, untuk biaya penyambungan baru listrik, variatif tergantung daya yang akan dipasang. Yaitu, untuk daya 450 VA Rp421.000, 900 VA Rp843.000, 1.300 VA Rp1.218.000, dan 2.200 VA Rp2.062.000.

“Biaya pemasangan baru itu tergantung besarnya daya yang akan digunakan. Untuk pemasangan baru saat ini sudah sangat mudah. Apalagi, dengan adanya kebijakan mencicil biaya pemasangan baru itu,” jelasnya.

Terobosan ini mendapatkan apresiasi dari DPP Apindo Sulsel. Sekretaris DPP Apindo Sulsel, Yusran IB Hernald, mengatakan, kemudahan pemasangan sambungan baru listrik itu, khususnya bagi pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan sangat membantu.

“Ini patut kita respon positif, kemudahan bagi pelaku usaha, khususnya UMKM. Kibijakan ini akan kita sampaikan kepada seluruh pelaku usaha yang ada di Sulsel. Apalagi, nanti pada awal tahun, Januari 2018 kita, Apindo Sulsel, akan melaksanakan Rapat Kerja dan Konsultasi Provinsi (Rakerkonprov). Di situ akan kita hadirkan seluruh pengurus kabupaten/kota se-Sulsel. Di situ, Pak GM (GM PLN Wilayah Sulselrabar) bisa presentase secara panjang lebar langsung kepada pengusaha, kecil, menengah, dan besar mengenai kebijakan ini serta kelistrikan lainnya,” jelas Yusran.

Hadir pada pertemuan dengan GM PLN Wilayah Sulselrabar Bob Saril ini, para pengurus DPP Apindo Sulsel, seperti para Sekretaris DPP Apindo Sulsel Yusran IB Hernald, Anggiat Sinaga, Baharuddin Abidin, Haerumi Hamzah Tuppu, Nurmiaty, Marny Mansyur, Andi Darwis, dan lainnya. (***)


div>