SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Samsat Lutim Tindak Tegas Kendaraan Plat Luar Sulsel 

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 21 April 2016 19:12

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Kendaraan roda dua dan roda empat yang berplat asal dari luar Sulsel, sampai saat ini masih banyak berkeliaran berbagai wilayah di Sulsel termasuk di Lutim. Untuk hal tersebut, Kanit Regident sistem Administrasi Satu Atap (Samsat) Lutim, Ipda Arifin Numang, melakukan langkah tegas untuk membatasi kendaraan kendaraan plat dari luar Sulsel tersebut. 

“Hal itu dilakukan, merujuk pada aturan terkait nomor kendaraan luar daerah telah tertuang dalam UU RI nomor 2 tahun 2002, tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, pasal 15 (2) b tentang kewenangan Kepolisian Negara Republik Indonesia menyelenggarakan registrasi dan indentifikasi kendaraan bermotor dan Peraturan Pemerintah nomor 44 tahun 1993 pasal 182 b tentang pemilik kendaraan bermotor yang beroperasi terus menerus lebih dari 3 bulan di luar wilayah tempat kendaraan di daftarkan segera memutasikan kendaraannya ke daerah operasi,” jelas Ipda Arifin Numang, Kamis (21/4). 

Menurutnya, kepemilikan kendaraan plat dari luar daerah akan diberikan tenggat waktu selama 90 hari atau 3 bulan untuk segera merubah kode plat kendaraan tersebut.

“Sebelum melakukan penertiban plat dari luar Sulsel, kami menghimbau kepada masyarakat bahwa pengguna plat dari luar Sulsel tersebut, kami akan tertibkan, supaya tidak merusak sistem pembajakan daerah masing-masing,” ungkapnya. 

Senada, Kepala UPTD Samsat Wilayah Luwu Timur, Ayyub Manwan mengatakan, selain telah diatur dalam Undang-Undang, pula hal ini sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) Sulawesi Selatan Nomor 83 Tahun 2010 Pasal 2 tentang pajak daerah khusus pajak kendaraan bermotor dan bea balik nama kendaraan bermotor.

“Kendaraan bernomor polisi dari luar daerah Sulsel bisa merugikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena membayar pajak di daerah lain, namun beroperasi di daerah ini,” ujar Ayyub.

Dia menghimbau kepada pemilik kendaraan dengan plat dari luar Sulsel yang telah melewati ambang batas perizinan, agar segera mengurus plat kendaraannya sebelum terkena sanksi aturan yang berlaku.


Tag
  • Samsat
  •  
    div>