SELASA , 18 DESEMBER 2018

Samsat Parepare Perketat Penggantian STNK

Reporter:

dedi

Editor:

Rabu , 07 Desember 2016 20:53
Samsat Parepare Perketat Penggantian STNK

Kepala Unit (Kanit) Regident Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resort (Polres) Parepare, IPDA Bakri

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Parepare, kini membenahi dan menggenjot pelayanan, dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Kepala Unit (Kanit) Regident Lalu Lintas (Lantas) Kepolisian Resort (Polres) Parepare, IPDA Bakri, menjelaskan, pihaknya memperketat pembayaran pajak kendaraan bermotor maupun penggantian Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) di Unit Pelaksana Teknik Dinas (UPTD) Samsat.

“Wajib pajak yang ingin membayar harus memperlihatkan identitas yang bersangkutan dan sesuai dengan nama yang tertera di STNK,” katanya, Rabu (06/12/2016).

Hal tersebut, kata Bakri, berdasarkan Peraturan Kepala Kepolisian Republik Indonesia Nomor 5 tahun 2012, tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaran Bermotor.

Menurutnya, pemilik kendaraan berhalangan yang tidak bisa menghadiri langsung pengurusannya, lanjut dia, bisa diwakili. “Namun harus dibuktikan dengan surat kuasa,” jelasnya.

Bakri menghimbau kepada masyarakat, khususnya yang membeli kendaraan bekas, supaya melakulan transaksi disertai kuitansi pembayaran, maupun surat perjanjian jual beli. Sehingga, katanya, proses balik nama dan pembayaran bisa berjalan dengan lancar.

“Kami harapkan pelayanan yang maksimal dan memberi rasa nyaman kepada masyarakat,” ujarnya.


div>