JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Sang Kandidat

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Rabu , 06 April 2016 10:01
Sang Kandidat

int

SOSIALISASI telah dilakukan oleh para kandidat kepala daerah, baik itu gubernur  maupun Bupati/Walikota. Beragam cara atau media yang dipergunakan agar sang calon bisa menaikkan popularitas.

Sosialisasi menjadi kata yang tidak asing lagi kita dengar menjelang perhelatan pesta demokrasi. Ada juga calon yang masih sebatas memperkenalkan diri, dengan perasaan malu-malu untuk mengungkapkan diri ingin maju sebagai kandidat.

Para kandidat hendaknya belajar dari pengalaman pencalonan pada Pilkada serentak tahun 2015 yang lalu. Banyak curhatan dari pasangan yang gagal jadi calon karena berbagai alasan. Diantaranya tiadanya Parpol yang mengusung, kurangnya persyaratan usungan dari Parpol, Usungan ganda dari Parpol, Adanya dua kepengurusan dari Parpol yang sama. Dan yang terakhir adalah tidak mencukupinya dukungan dari masyarakat untuk kelengkapan independent.

Semestinya dari sekarang para calon melakukan penjajakan tentang kemungkinan lolosnya sang calon menjadi kandidat dengan mempergunakan jasa konsultan yang sekarang bertabur bak jamur di musim hujan. Tinggal pandai-pandainya kita memilih mereka. Tentunya dengan melihat pengalaman dan kinerja mereka dengan berhasilnya mengantar sang kandidat menduduki kursi kepala daerah.

Survey juga menjadi kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh bakal calon untuk dapat menentukan sikap. Sehingga tidak terkesan hanya sebagai kandidat aji mumpung.

Tentunya faktor financial tidak bisa diabaikan selain figure yang merupakan faktor utama.

[NEXT-RASUL]

Rakyat memiliki kedaulatan penuh atas hak politiknya dalam memilih pemimpin mereka semangat pemilihan kepala daerah secara langsung adalah memberikan ruang yang lebih luas bagi partisipasi politik masyarakat untuk menentukan kepala daerah sesuai dengan aspirasi dan kebutuhan di daerah masing–masing. Sehingga diharapkan kebijakan–kebijakan dari pemerintah nantinya sesuai dengan keinginan rakyat pada umumnya, atau dengan kata lain, lebih mendekatkan pemerintah kepada rakyatnya.

Partai Politik juga sepertinya sudah mengantisipasi kemandirian rakyat yang akan mendukung kandidat dengan memberikan usungan independent. Tengok saja Pilgub DKI yang akan memesuki tahapan menjelang Pilkada secara serentak tahun 2017. Sejumlah Partai seudah memberikan dukungan pada Petahana yang jelas-jelas sudah membentuk sahabat Ahok untuk mengumpulkan identias dalam rangka memenuhi persyaratan sebagai calon independent.

Tinggal masyarakat yang akan memilih para calon yang telah memenuhi syarat sebagai kandidat untuk bertarung dalam Pilkada serentak 2017 dan 2018. (*)


Tag
  • voxpopuli
  •  
    div>