SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Satlantas Parepare Jaring Tiga Pelajar Balapan Liar

Reporter:

Editor:

dedi

Minggu , 05 Maret 2017 18:39
Satlantas Parepare Jaring Tiga Pelajar Balapan Liar

Kasat Lantas Polres Parepare AKP Andi Ali Surya (kiri), dan Kabag Ops Polres Parepare Kompol Sudarno (Kanan).

PAREPARE, RAKYASULSEL.COM – Kepolisian Resort (Polres) Kota Parepare, melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas), mengamankan tiga unit motor yang menggunakan knalpot bising beserta penggunanya, dalam operasi Cipta Kondisi (Cipkon), pada tiga titik jalan di Kota Parepare, yang rawan menjadi ajang balap liar setiap Sabtu malam.

Kasat Lantas Polres Parepare, Andi Ali Surya, mengatakan, pelaku balap liar rata-rata pelajar di bawah umur antara 15 hingga 16 tahun, dan belum memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Ketiga motor tersebut, kata dia, kini diamankan di Markas Polres Parepare.

“Kami sudah memberikan pembinaan dan pengarahan, supaya para pelaku balap liar tidak lagi mengulangi perbuatannya, yang tak hanya membahayakan nyawa diri sendiri, namun juga turut membahayakan keselamatan orang lain,” katanya, Minggu (5/3).

Tindakan selanjutnya, lanjut dia, pihaknya melayangkan surat kepada orangtua para pelaku, supaya berperan aktif dalam mengingatkan anak-anaknya, akan bahaya dan dampak dari balapan liar. Sehingga, kata dia, hal tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi orangtua, untuk turut menjaga anak-anaknya.

“Mudah-mudahan mereka jerah dan sadar akan atas perbuatannya tersebut. Kami juga menghimbau kepada para orangtua untuk melakukan pengawasan ketat, kepada anak-anaknya yang sering melakukan balapan liar,” jelasnya.


div>