RABU , 21 NOVEMBER 2018

Satpol PP dan Tenaga Kesehatan Tidak Libur

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 09 Juni 2018 16:00
Satpol PP dan Tenaga Kesehatan Tidak Libur

Ilustrasi Aparatur Sipil Negara usai mengikuti upacara (Dok.JawaPos.com)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah sudah memutuskan jumlah hari cuti bersama dan libur lebaran 2018 tahun ini. Lamanya disepakati selama 10 hari yakni mulai tanggal 10 hingga 20 Juni mendatang. Namun aturan ini tidak berlaku bagi semua instansi.

Masih ada beberapa instansi baik pemerintahan ataupun swasta yang tetap wajib melakukan pelayanan publik. Meski cuti dan libur lebaran di berlakukan.

Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Setda Sulsel, Rizal Syam mengatakan, peraturan ini merupakan ketetapan dari Kementerian Dalam Negeri dan Menpan RB.

Instansi yang dimaksud yakni Pemadam Kebakaran, tenaga kesehatan, Satpol PP, Gerai Telekomunikasi dan PLN, kemudian Perbankan, Bea Cukai, dan Dinas Perhubungan.

“Sudah ada edarannya. Disitu jelas bahwa pimpinan (OPD) wajib mengatur jadwal untuk para staf berjaga,” ujarnya, Jumat (8/6) kemarin.

Semua pelayanan publik akan tetap seperti biasa walaupun jadwal cuti tetap berlaku. Dia mengungkapkan pegawai yang tidak cuti pada hari raya lebaran bisa cuti di waktu lain. Tanpa mengurangi cuti tahunannya.

Dengan demikian, katanya, instansi layanan publik yang dibutuhkan masyarakat bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

“Dengan demikian, pelayanan publik tidak vakum, seperti RS kan bisa dibayangkan kalau pegawainya cuti semua,” tukasnya.

Sementara, Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono memastikan, bahwa sebagian pelayanan di Pemerintah provinsi Sulsel, akan tetap berjalan selama libur lebaran, yang berarti sejumlah pegawai akan tetap masuk untuk melayani masyarakat.

“Saya sudah minta Pol PP akan tetap bersiaga, begitu juga dinas kesehatan dan instansi swasta lainnya seperti perbankan,” jelasnya.

Seperti RS dan Puskesmas di Sulsel yang dipastikan akan buka selama 24 jam penuh saat libur lebaran dan cuti bersama berlangsung.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Rahmat Latief, juga mengatakan tenaga kesehatan di Sulsel sudah diimbau untuk tidak libur. Semua RS dan Puskesmas dipastikan selalu siap dan siaga.
“Setiap tahun memang tenaga kesehatan diperintahkan untuk tidak libur. Cuti bisa diajukan di hari lain,” jelasnya.

Kepala Satuan Pol PP juga menambahkan siap menjalankan instruksi Gubernur. Satpol akan bersiaga di sejumlah kantor pemerintahan, masjid ataupun tempat perbelanjaan.

“Kita sudah susun jadwal, beberapa titik akan dijaga secara bergantian 1×24 jam,” tukasnya. (*)


div>