JUMAT , 21 SEPTEMBER 2018

Satpol PP Harus Berani Tegakkan Perda

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 01 Maret 2017 11:49
Satpol PP Harus Berani Tegakkan Perda

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Sidrap, Hidayat saat memberikan arahan kepada seluruh personil Satpol PP. foto: hamsah/rakyatsulsel.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Satun Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Kabupaten Sidrap patut diacungi jempol dalam hal penegakan Peraturan Daerah (Perda).

Untuk mengendalikan berbagai praktek yang bersifat menyimpan. Satpol PP telah melakukan berbagai upaya antisipasi dengan melakukan sosialisasi maupun patroli di tempat-tempat rawan terjadi pelanggaran, seperti Tempat Hiburan Malam (THM), kos-kosan, hotel, wisma, dan penginapan.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Sidrap, Hidayat, mengatakan, pihaknya sudah memang diintruksikan untuk melakukan deteksi dini akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan bersama-sama.

Menurutnya, menegakkan parturan daerah sudah menjadi komitmen Satpol Sidrap sejak ia diberikan amanah memimpin Satpol PP dan Damkar Sidrap pada Januari 2016 lalu.

“Dalam penegakan Perda, kami terlebih dahulu memberikan sosialisasi dan pembinaan kepada setiap warga utamanya pemilik kots-kotsan, penginapan, THM, Hotel, dan Wisma. Bahkan para pedagang di pasar dan pemilik ternak untuk tidak melakukan pelanggaran,” ucapnya.

Lebih lanjut, ia mengaku, Satpol PP harus berani menegakkan perda. Namun, tetap menjaga sikap dan tidak arogan. Ke depankan dialog, dan tidak asal tangkap, asal bongkar, dan main angkut barang-barang pelanggar aturan.

“Satpol PP itu harus jadi teladan, tak boleh main kasar, main angkut gerobak masyarakat. Berikan pembinaan, pengertian, perda-nya begini, aturannya gini-gini. Jika ada hal-hal lain, minta bantuan polisi. Polisi tak mampu minta bantuan TNI,” pesan Hidayat kepada anggota Satpol PP. (***)


div>