KAMIS , 20 DESEMBER 2018

Satpol PP Pangkep Ajukan Formasi PNS ke Menpan

Reporter:

hur

Editor:

Senin , 21 September 2015 16:50

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pangkep mengajukan surat permohonan pengangkatan PNS untuk Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol P). Pengajuan itu dilakukan karena jumlah personel PNS untuk Satpol PP di lingkup Pemkab Pangkep masih sangat kurang.

Pemkab mengajukan formasi Satpol PP berdasarkan Permendagri No.60 tahun 2015 tentang struktur pemenuhan pegawai PNS di lingkup Pemerintah kabupaten. Khusus Satpol PP yang berstatus sebagai Badan, jumlah PNS yang ada di satuan ini hanya 115 orang, sementara dalam permendagri No.60 di jelaskan bahwa jumlah PNS yang dikepalai oleh badan minimal memiliki jumlah 200 orang sesuai kebutuhan daerah masing-masing.

Sekretaris Satpol PP Pangkep, Harun Rasyid mengatakan, sudah hampir 10 tahun terakhir Satpol PP belum mengajukan formasi PNS. “Tahun ini kami mencoba mengajukan formasi Satpol ke Kemenpan, karena sudah hampir sepuluh tahun kami tidak pernah,” kata Harun, Minggu (20/9).

Kepala BKD Pangkep, Ansarullah yang dihubungi membenarkan kalau Pemkab Pangkep melalui BKD telah mengirim surat ke Menpan untuk pengajuan permohonan pengangkatan tenaga PNS di bagian Pol PP. “Pengajuan ini kami ajukan berdasarkan permintaan dari pihak Satpol PP sendiri, dan suratnya sudah di setujui oleh PLH bupati,” jelas Ansarullah.

SatPol PP Pangkep memiliki tenaga Honorer sebanyak 42 orang yang terdata dan aktif sejak tahun 2005. Gaji honorer staf Satpol PP, menurut salah seorang anggota Forum Honorer Satpol PP, masih sangat rendah. Dikatakan, kesejateraan staf Pol PP masih kurang diperhatikan oleh pemerintah daerah, sehingga mereka sulit memenuhi kebutuhan hidup. Bahkan disebutkan kalau ada tenaga sukarela yang sudah 1 tahun tidak mndapatkan upah.


div>