SENIN , 18 DESEMBER 2017

Satu Dekade SAYANG Membangun Peradaban Baru

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 19 Oktober 2017 10:00
Satu Dekade SAYANG Membangun Peradaban Baru

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dan Agus Arifin Nu’mang, telah hampir satu dekade membangun daerah ini. Pada Hari Ulang Tahun ke 348 Provinsi Sulsel yang jatuh pada hari ini, 19 Oktober 2017, telah banyak pencapaian yang berhasil diraih.

Sejumlah mega proyek yang menjadi ikon sekaligus menandai peradaban baru di Sulsel, lahir dari kepemimpinan pasangan yang dikenal dengan tagline SAYANG ini.

Di bidang infrastruktur perhubungan misalnya, ada jalan Trans Sulawesi, kereta api, elevated road Maros – Bone, underpass simpang lima Mandai, middle ring road, Makassar New Port, perluasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, hingga pembangunan sebelas bandara perintis. Yang terbaru, akan dimulai pembangunan jalan tol dalam dalam kota di ruas jalan AP Pettarani Makassar.

Mega proyek yang turut menjadi perhatian publik adalah kawasan Center Point of Indonesia (CPI). Di atas kawasan reklamasi ini, dibangun Wisma Negara yang akan memperkuat posisi Sulsel sebagai pilar pembangunan nasional.

Di lokasi ini juga akan dibangun masjid termegah di Asia, yang merupakan hasil rancangan dua wali kota yang juga berlatarbelakang arsitek, yakni Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil.

Di era kepemimpinan SAYANG, Sulsel merupakan satu-satunya provinsi yang membangun empat bendung dan bendungan sekaligus dalam satu periode. Antara lain, Bendungan Passelorang di Kabupaten Wajo, Pammukkulu di Takalar, Kareloe di Jeneponto, dan Bendung Baliase di Luwu Utara.

Pertumbuhan ekonomi Sulsel juga merupakan yang tertinggi nasional, dan kerap dijadikan percontohan. Tak hanya tinggi, ekonomi Sulsel juga tumbuh merata dan berkualitas. Sektor pertanian, perdagangan dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) disebut memberikan kontribusi yang cukup tinggi.


div>