SENIN , 19 FEBRUARI 2018

Satu Hektare Hutan Lindung Terbakar di Torut

Reporter:

Cherly

Editor:

Lukman

Kamis , 15 Februari 2018 22:40
Satu Hektare Hutan Lindung Terbakar di Torut

Hutan lindung yang terbakar di dusun Pongtora, lembang Kapalapitu, kecamatan Kapalapitu kabupaten Toraja Utara, Kamis 15 Februari 2018.

TORAJA UTARA, RAKYATSULSEL.COM – Sekitar 1 hektare kawasan hutan lindung Dusun Pongtora’ lembang, Desa Kapalapitu, Kecamatan Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, dilalap si jago merah, Kamis (15/2) sekitar pukul Wita 14.30.

Menurut Danramil 03 Rinding Allo, Cornelius L kepada media saat ditemui usai memadamkan api di dusun Pongtora, bahwa kejadiannya bermula saat mereka sedang melintas di Pongtora hendak menuju Rantapo.

Mereka melihat hutan yang sudah mulai terbakar, kemudian mereka berhenti. Lalu mereka bertanya kepada warga namun warga yang ditanya malah cuek, dan acuh tak acuh melihat hutan yang terbakar.

Akhirnya bersama kanit Reskrim Polsek Ranteapao, lanjut Cornelius, langsung memadamkan api dengan menggunakan daun-daun bersama sekitar 5 orang warga yang kemudian datang membawa air sebanyak 4 ember.

Senada dengan itu, Kanit Reskrim Polsek Rinding Allo, Daniel Pelu mengatakan bahwa saat itu mereka pulang dari musremvang di kecamatan Rinding Allo, Toraja Utara, kebetulan melintas di Pongtora. Namun mereka kaget pas melihat api yang mulai membakar hutan.

Kemudian dirinya langsung meminta bantuan kepada warga yang ada, lalu memadamkan api dengan alat seadanya. Bahkan mereka sempat panik melihat api yang makin menjalar ke sejumlah pohon pinus yang ada, karena kawasan hutan itu berdekatan dengan rumah warga dan bahkan berdekatan dengan objek wisata Pongtora. (*)


div>