SELASA , 11 DESEMBER 2018

Satu Juta Penduduk Mesir Memilih Mohamed Salah Jadi Presiden

Reporter:

Editor:

Lukman

Minggu , 01 April 2018 13:03
Satu Juta Penduduk Mesir Memilih Mohamed Salah Jadi Presiden

Nama Mohamed Salah muncul di kertas suara Pemilihan Umum Presiden Mesir.

MESIR, RAKYATSULSEL.COM – Kehebatan dan pamor penyerang Liverpool, Mohamed Salah ternyata tidak sebatas di lapangan hijau saat bermain sepak bola saja.

Salah sudah dielu-elukan oleh seluruh penduduk Mesir saat aksinya berhasil membawa Mesir ke Piala Dunia setelah sekian lama absen di kompetisi sepak bola paling bergengsi di dunia tersebut.

Kala itu, Salah menjadi pahlawan dengan mencetak gol penentu kemenangan melawan Kongo di penghujung laga. Seluruh publik Mesir pecah dalam kegembiraan yang meluap-luap. Nama Salah pun didengungkan sebagai pahlawan Mesir. Dia pun mendapat gelar Prince of Egypt.

Kehebatan Salah tak hanya berhenti di lapangan hijau, pemimpin daftar pencetak gol terbanyak sementara di seluruh Eropa ini pun mulai merambah dunia politik.

Betapa tidak, saat Mesir melaksanakan pemilihan umum untuk menentukan presiden baru beberapa waktu lalu, nama Salah mencuat sebagai kandidat kedua. Hal ini tentunya mengundang tanda tanya besar sebab Salah sejatinya tidak mendaftarkan diri di partai politik manapun.

Sebenarnya hanya ada dua nama dalam pemilihan tersebut, yakni Abdel Fattah al-Sisi dan Moussa Mustafa Moussa. Tetapi para penggemar Salah seakan tak terima dan menambahkan nama sang idola di lembar suara tersebut.

Mohamed Salah pun berhasil mendapatkan 5% (satu juta) suara, mengungguli perolehan Moussa Mustafa Moussa yang hanya mampu mendapat 3%.

Untungnya, Salah tak benar-benar dipilih menjadi presiden karena perolehan suaranya kalah jauh dibanding Abdel Fattah al-Sisi yang memenangkan 92% suara.

Sementara itu, fakta tersebut tentunya dapat menjadi pertimbangan bagi Salah saat menjalani masa pensiunnya nanti. Setidaknya dia adalah sosok yang mampu membawa pengaruh besar di tanah kelahirannya. (int)


div>