SABTU , 16 DESEMBER 2017

Satu November Permen Tentang Taksi Online Mulai Berlaku

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Jumat , 27 Oktober 2017 18:44
Satu November Permen Tentang Taksi Online Mulai Berlaku

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia (RI), akhirnya mengeluarkan hasil revisi terkait Peraturan Menteri (Permen) Perhubungan dalam mengatasi polemik yang terjadi antara taksi daring dan taksi konvensional serta mengatur trayek angkutan orang dan umum di Indonesia.

Dengan kata lain, Permen Perhubungan nomor 26 tahun 2017 tidak berlaku lagi dan digantikan dengan Perment Perhubungan nomor 108 tahun 2017 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek.

Terkait hal itu, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan revisi Permen tersebut diasumsikan dengan menyatukan kesetaraan antara taksi konvensional dan taksi daring.

“Ini merupakan kesetaraan antara taksi online dan konvensional, konvensional sudah sekian tahun mewadahi transportasi masyarakat di Indonesia sementara online adalah suatu keniscayaan yang harus ditempuh, karena itu pemerintah hadir memberikan payung dan memberikan kesetaraan itu,” kata Budi, Jumat (27/10).

Selain itu, Budi berharap agar peraturan yang baru tersebut dapat diterima dengan baik oleh kedua pihak. “Kita harapkan ini akan berjalan baik, saya sudah bertemu dengan. Tiga online serta organisasi dan mereka setuju dan mereka menyatakan siap,” jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, mengatakan pengaturan polemik taksi di Sulsel akan mengacu pada rujukan dari pusat sebagai bahan untuk mengatur taksi yang menjamur di Sulsel.

“Di Sulsel taksi online tidak ada masalah, dengan adanya simpulan yang dilakukan secara nasional itu menjadi bahan rujukan, tetapi dari rujukan itu akan ada kesepakatan antara taksi online dan taksi konvensional,” kata Syahrul.


div>