RABU , 13 DESEMBER 2017

IKKON 2017 Toraja Utara Kembangkan Ekonomi Kreatif

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Jumat , 20 Oktober 2017 18:43
IKKON 2017 Toraja Utara Kembangkan Ekonomi Kreatif

peserta pameran

TORAJA UTARA, RAKYATASULSEL.COM – 2017 Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) kembali meluncurkan program IKKON – Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan launching Toraja Coffee Experience yang dilaksanakan di Lembang Buntu Lobo, Kecamatan Sesean Kabupaten Toraja Utara, Jumat (20/10).

Manajer Lapangan Tim IKKON, Gusti M. Hamdan mengatakan kegiatan itu bertujuan untuk mendorong masyarakat Torut untuk mengembangkan potensi pariwisata dan meningkatkan kreativitas masyarakat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Torut.

“Jadi kegiatan itu kita maksudkan untuk membangkitkan semangat kerja dan kreatifitas masyarakat dalam mengembangkan potensi yang dimiliki dalam berbagai bidang dan dikolaborasi melalui desain yang berbasis akademik, urban dan tenologi dengan budaya yang ada di Toraja,” kata Gusti.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan kegiatan puncak setelah sebelumnya dilakukan program melalui berbagai tahapan selama empat bulan, mulai dari tahapan survei potensi, perencanaan desain, prototyping dan terakhir pamarean dan launching.

“Ada 30 komunitas atau kelompok yang telah dibina saat ini dan program ini akan berkelanjutan. Dimana BEKRAF akan kerjasama dengan beberapa kementerian untuk mempromosikannnya serta mendorong kementerian perdagangan untuk memasarkan produk yang berasal dari Toraja,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah, Dinas Perindustrian Kabupaten Toraja Utara, Kristina Kansa Tandi Lino mengatakan satu kebanggaan bagi kita masyarakat Toraja, karena di Indonesia hanya 5 desa yang mendapatkan program ini.


div>