JUMAT , 20 JULI 2018

SDM Sulsel Dinilai Belum Siap Hadapi MEA

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Kamis , 07 Januari 2016 02:36

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai masih belum siap dari segi Sumber Daya Manusia (SDM). Hal itu diutarakan oleh Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang, Rabu (6/1/16)

Menurutnya, bila dibandingkan dengan Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah, SDM yang dimiliki Sulsel masih rendah. “SDM yang mengolah ini masih sangat kurang sehingga harus segera dilakukan perbaikan. Jangan sampi yang mengelola ini orang luar,” tutur Agus.

Terkait komoditi, Ia mengaku tidak khawatir. Menurutnya, Sulsel masih bisa menguasai pasar. “Antisipasi yang paling harus dilakukan adalah peningkatan kapasitas SDM yang ada,” lanjutnya.

Wagub pun meminta regulasi yang mengatur masalah berlakunya MEA, khususnya aturan perdagangan dan SDM dapat lebih jelas lagi. Menurutnya, selama ini aturannya sering sekali berubah-ubah

“Daerah harus bisa pintar-pintar menghadapi MEA. Pemerintah pusat pun harus aktif memberikan informasi terkait perkembangan negara lain sehingga tidak tertinggal,” imbuhnya.

Selain itu, Agus mengatakan peningkatan kualitas barang akan sangat mendukung. Harga terhadap satu produk yang bisa bersaing, lanjutnya, tentu akan lebih dilirik.


Tag
  • MEA 2015
  •  
    div>