KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Sebelum 2018, Jembatan Tello Tidak Macet Lagi

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Jumat , 15 Desember 2017 11:58
Sebelum 2018, Jembatan Tello Tidak Macet Lagi

Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo saat meninjau progres pengerjaan realisasinya, Rabu (14/6) lalu. Foto:Ashar/RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Progres pekerjaan Sungai Tello saat ini sudah diatas 94 persen. Berdasarkan laporan terakhir Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) III Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) XIII Metro Makassar, Malik, seluruh lantai jembatan yang dilebarkan sudah mengalami pengecoran. Sisanya, sementara dikerjakan untuk dirampungkan dan dijamin sudah bisa dioperasikan sebelum pergantian tahun ke 2018, apabila tidak ada kendala.

“Insyaallah, sebelum 31 Desember, pelebaran jembatan Sungai Tello sudah bisa dilalui,” kata Malik, Kamis (14/12).

Jika sudah bisa dilalui, artinya akan memperkecil potensi kemacetan di area tersebut yang terjadi setiap harinya. Terkhusus pada saat jam-jam sibuk pulang dan pergi kerja, dimana selalu terjadi kepadatan.

“Posisi pekerjaan saat ini tinggal melakukan pemadatan oprit jembatan dan menyelesaikan finishing yang tidak terlalu banyak,” ungkapnya.

Terkait peresmian jembatan tersebut, menurut Malik, belum ada pembicaraan khusus antara Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional dengan pemerintah daerah. “Itu akan dibicarakan terlebih dahulu. Belum ada penetapan waktu kapan akan diresmikan. Yang jelas, bisa dipergunakan dulu,” bebernya.

Untuk pengerjaan fisik jembatan tahun ini, pemerintah mengalokasikan dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2017 sekitar Rp 4,1 miliar.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, sangat berharap proyek ini bisa dirampungkan dan diresmikan pada peringatan HUT Sulsel 19 Oktober lalu. Namun sayang, keinginan itu tak bisa diwujudkan karena tahapan pekerjaan yang harus dilaksanakan masih tersisa beberapa item.

Pembangunan jalan pada jembatan Sungai Tello dilakukan selebar 3,5 meter yang menambah satu lajur kendaraan. Pelebaran dilakukan di sebelah kanan jembatan jika dari arah Panaikang. (*)


div>