SENIN , 11 DESEMBER 2017

Segera Atur Regulasi Angkutan Online!

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Jumat , 06 Oktober 2017 10:40
Segera Atur Regulasi Angkutan Online!

Ilustrasi demonstran (*)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – DPRD Makassar mendesak pemerintah kota untuk segera mengatur regulasi angkutan online. Hal itu perlu, mengingat sudah beberapa kali terjadi gesekan antara pengemudi angkutan konvensional dengan angkutan berbasis aplikasi tersebut.

Anggota Komisi D DPRD Makassar, Basdir, meminta agar pemerintah dan para pemangku kepentingan di Kota Makassar, segera mencari solusi terkait keberadaan alat transportasi berbasis aplikasi online. Ia khawatir, jika tidak segera ditangani,

gesekan antara para operator angkutan umum itu akan kembali terjadi.

“Bisa saja terjadi bentrokan di lapangan atau aksi main hakim sendiri, jika tidak segera diambil langkah untuk menyelesaikan persoalan itu,” kata Basdir, di Gedung DPRD Makassar, Kamis (5/10).

Menurutnya, pemerintah, operator angkutan konvensional, dan penyedia aplikasi online harus segera duduk bersama untuk mencari win-win solution. Setiap pihak yang berkepentingan di dalam bisnis ini jangan sampai merasa dirugikan, namun juga jangan mengabaikan keamanan dan kenyamanan masyarakat sebagai pengguna transportasi umum.

“Saya kira pemerintah harus peka dan cepat mengambil langkah. Jadi memang perlu ada aturan khusus antara pengemudi online dengan konvensional, agar tidak menimbulkan konflik yang berkepanjangan,” terangnya.

Adanya regulasi tersebut sangat penting untuk kedua belah pihak. Sehingga, bisa mengakomodir kepentingan kedua belah pihak. Dengan demikian, tidak ada yang merasa tersingkir dan masing-masing bisa mencari nafkah dengan tenang.

“Jangan sampai berlarut-larut, sebab dikhawatirkan justru hanya akan menimbulkan konflik yang lebih tajam lagi. Apalagi, inikan soal mata pencaharian, jadi kita tidak mau ada yang jadi korban,” tambah Basdir.


div>