MINGGU , 21 OKTOBER 2018

Segera Daftar, Seleksi CPNS Dibuka 26 September

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Kamis , 20 September 2018 12:20
Segera Daftar, Seleksi CPNS Dibuka 26 September

Ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Provinsi Sulsel mengumumkan sebanyak 401 formasi kuota yang akan diterima pada seleksi penerimaan CPNS 2018.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Ashari Fakhsirie Radjamilo mengatakan, dari 401 kuota itu terdiri dari formasi khusus sebanyak 17 kuota dan formasi umum sebanyak 384 kuota. Pelaksanaannya sendiri akan dibuka pada 26 September. “Kita buka pendaftaran mulai 26 September sampai 10 Oktober 2018,” kata Ashari, Rabu (19/9).

Pengumuman ini dikeluarkan oleh BKD Sulsel melalui surat Pengumuman Nomor 800/4812/BKD tentang Seleksi Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel Tahun Anggaran 2018.

Adapun formasinya yakni khusus terdiri dari kategori cumlaude sebanyak 12 formasi, disabilitas sebanyak 4 formasi dan eks tenaga honorer kategori II sebanyak 1 formasi. Sementara umum terdiri dari tenaga guru sebanyak 184 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 124 formasi dan tenaga teknis sebanyak 76 formasi.

“Syaratnya tentu kita berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, nomor 440 tahun 2018 tanggal 30 Agustus 2018 tentang kebutuhan pegawai CPNS,” lanjutnya.

Disebutkan Ashari, syarat utama adalah usia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 35 tahun pada saat melamar. “Kalau syarat khusus cumlaude yakni lulusan terbaik S1 perguruan tinggi dalam negeri berakreditasi A atau unggul serta program studi akreditasi A juga,” ucapnya.

Sementara itu, lanjut Pj Bupati Bantaeng ini bahwa untuk formasi khusus disabilitas mempersiapkan berkas surat keterangan dokter yang menerangkan jenis dan tingkat disabilitas.

“Mereka penyandang disabilitas ini juga harus datang ke BKD untuk memverifikasi berkasnya dan disesuaikan dengan kebenaran disabilitasnya,” pungkasnya.

Sementara untuk formasi khusus eks tenaga honorer kategori II berjumlah satu kuota, dikhususkan pada satu orang yang dulunya bermasalah.

“Dulu ada pelamar K2 dinyatakan lulus namun tidak keluar SK-nya, sehingga kembali didaftarkan, hanya saja pelamar tersebut harus membawa bukti nomor ujian tenaga honorer pada tahun 2013,” terangnya.
Sementara, Sekertaris daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Tautoto Tana Ranggina mengharapkan agar pelaksanaan CPNS tahun ini dapat berjalan dengan lancar.

“Saya sudah menyampaikan ke BKD untuk ditindaklanjuti, pengharapan kita agar semua berjalan lancar dan tidak ada kecurangan baik dalam bentuk pelanggaran maupun terjadi kendala secara teknis,” ujar Tautoto. (*)


div>