SABTU , 26 MEI 2018

Sejuknya, Natal Oikumene Pemkab Tana Toraja Identik Dengan Nasionalisme

Reporter:

Cherly

Editor:

Lukman

Kamis , 28 Desember 2017 23:24
Sejuknya, Natal Oikumene Pemkab Tana Toraja Identik Dengan Nasionalisme

Suasana Natal Oikumene Pemkab Tana Toraja, di Pasar Seni Makale, Kamis 28 Desember.

TANA TORAJA, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kabupaten Tana Toraja kembali menggelar perayaan Natal Oikumene sebagai salah satu kegiatan tahunan di bulan Desember di Pasar Seni Makale, Kamis (28/12).

Perayaan Natal Oikumene ini dihadiri Bupati Tana Toraja, Nico Biringkanae bersama sang istri, Rospita Napa Biringkanae, dan Wakil Bupati Victor Datuan Batara bersama istri, Nurlia Datuan Batara.

Turut hadir Ketua DPRD Tana Toraja Welem Sambolangi’, Forkopimda Tana Toraja, beserta jajaran pemerintah kabupaten, tokoh agama, dan masyarakat.

Pelaksanaan Natal Oikumene tahun ini telah menghadirkan nasionalisme karena beberapa penganut keyakinan di luar Kristen seperti Muslim dan penganut keyakinan Aluk Ta turut hadir dan diberikan kesempatan untuk menyampaikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani.

Dalam kesempatan itu, Nico mengatakan bahwa tema Natal kali ini yakni Mengurai Kebekuan, Merajut Kebersamaan. Olehnya itu, kata dia, dalam kehidupan harus saling menghargai, saling toleransi.

“Persatuan sangat penting harus dihadirkan di Toraja, agar tercipta kebersamaan untuk menuju Toraja yang lebih baik, Toraja Maelo,” kata Nico.

Sementara itu mewakili keyakinan Aluk Ta, (keyakinan leluhur Toraja), Allopadang mengatakan bahwa tahun ini untuk pertama kalinya penganut keyakinan Aluk Ta diundang dan diberi kesempatan memebrikan ucapan selamat. Hal ini sangat disyukuri karena pada hakikatnya keyakinan pertama nenek moyang suku Toraja adalah Aluk Ta.

Sementara menurut perwakilan umat Muslim, Ustadz Puhari Pamilang Alam, kesempatan mengatakan bahwa di bumi Lakipadada merupakan suasana yang indah karena terjalin kebersamaan dan toleransi yang tinggi. (*)


div>