SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Sekda Luwu Timur dan BIG Lakukan Penandatanganan MoU

Reporter:

Ibrahim

Editor:

Iskanto

Selasa , 04 September 2018 14:23
Sekda Luwu Timur dan BIG Lakukan Penandatanganan MoU

Sekertaris Daerah (Sekda) Luwu Timur, H Bahri Suli, menandatangani naskah kerjasama atau MoU dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor BIG Cibinong, Bogor, Selasa (4/9).

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Sekertaris Daerah (Sekda) Luwu Timur, H Bahri Suli, menandatangani naskah kerjasama atau MoU dengan Badan Informasi Geospasial (BIG). Penandatangan MoU tersebut tentang penyelenggaraan, pengembangan dan pemanfaatan data dan informasi Geospasial di Kabupaten Luwu Timur. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor BIG Cibinong, Bogor, Selasa (4/9).

Kerjasama ini adalah upaya pemerintah kabupaten dalam memperbaiki data informasi geospasial (peta) di daerah untuk mendukung pembangunan daerah. Misalnya, penetapan batas desa dan penataan pemanfaatan tata ruang. Sebagaimana diketahui kedepan, pemerintah kabupaten di tekankan melakukan pembangunan yang berbasis peta dan terintegrasi dengan peta yang ada di BIG. Juga, kedepan SKPD dalam melakukan harus berbasis geospasial.

H Bahri Suli mengatakan, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur sangat menyambut baik MoU ini. Ia berharap dengan kerjasama tersebut percepatan pembangunan yang diselaraskan dengan program-program pemerintah pusat dengan memanfaatkan data sistem informasi Geospasial dapat terlaksana dengan baik.

“Adapun ruang lingkup Kesepakatan Bersama ini meliputi, penyelenggaraan informasi geospasial antara lain, pembangunan basis data dan meta data geospasial, penyelenggaraan dan pemanfaatan jaringan kontrol geodesi, dan penyelenggaraan informasi geospasial terkait tata ruang,” terangnya.

“Peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam bidang informasi geospasial, penelitian dan pengembangan dalam bidang informasi geospasial dan teknologi aplikasinya, pemanfaatan bersama sarana dan prasarana tertentu untuk mendukung kegiatan para pihak, dan berbagi pakai data dan informasi geospasial,” lanjut Bahri Suli usai penandatanganan.

Turut mendampingi Sekda Luwu Timur, Kepala Bapelitbangda, Drs H Muh. Abrinsyah dan Kabid Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bapelitbangda, Mahyudin. (*)


div>