SELASA , 20 NOVEMBER 2018

Sekda Sinjai Dituntut Empat Tahun Penjara

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 22 Agustus 2017 14:40
Sekda Sinjai Dituntut Empat Tahun Penjara

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H Taiyeb A Mappasere

SINJAI, RAKYATSULSEL.COM – Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, H Taiyeb A Mappasere dituntut empat tahun penjara oleh JPU dalam kasus pembayaran Gaji 10 PNS terpidana Korupsi pada Sidang dengan Agenda Pembacaan Tuntutan di Pengadilan Tipikor Makassar, Senin, (21/8) kamrin.

Jaksa Penuntut Umum (JPU), Bonar Satrio, yang membacakan tuntutan, menyatakan bahwa terdakwa A. Taiyeb A Mappasere pejabat Sekda Sinjai ini dinyatakan terbukti telah membayarkan gaji 10 PNS yang berstatus terpidana kasus korupsi yang dibayarkan sejak Tahun 2009 sampai Tahun 2016.

“Pasal yang dikenakan yakni sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam pasal 3 JO pasal 18 UU nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2001 Tentang perubahan UU Nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantaan tindak pidana korupsi JO pasal 64 ayat 1, kitab UU Hukum pidana dalam dakwaan subsider menjatuhkan pidana tehadap Taiyeb A. Mappasere pidana penjara selama 4 tahun dan denda sebesar 100 juta,” ungkapnya.

Menanggapi tuntutan JPU, Penasehat Hukum Taiyeb A Mappasere, Ahmad Marsuki menilai bahwa tuntutan yang diberikan oleh JPU itu tidak logis karena kasus tersebut bersifat administrasi dan adanya kerugian negara dalam kebijakan itu murni bahwa bukan merupakan perbuatan yang disengaja dilakukan oleh terdakwa.

“Klien kami melakukan pembayaran gaji terhadap PNS yang bermasalah tersebut berdasar, karena tidak adanya SK pemberhentian terhadap Terpidana yang bermasalah tersebut sehingga tidak ada perintah tertulis dari atasan atau Bupati Sinjai untuk memberhentikan gaji PNS tersebut,” jelasnya

Untuk diketahui, 10 PNS terpidana korupsi yang gajinya dibayarkan sehingga ikut menyeret nama Sekda Sinjai ini, yakni masing-masing mantak Kepala Dinas Pendidikan Sinjai Idrus, Amulawansyah, Muh Dahlan, Ahmad Suhaemi, Budiaman, Muh Rustam AR, Tamrin, Jufri, Saenal dan Marsuki. (*)


div>