JUMAT , 23 FEBRUARI 2018

Sekjen Sebut Sulsel Masih Menjuarai Daftar Tunggu Haji se-Indonesia

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Senin , 12 Juni 2017 21:50
Sekjen Sebut Sulsel Masih Menjuarai Daftar Tunggu Haji se-Indonesia

int

RakyatSulsel.com – Hadir Sekjen Kemenag RI, Ketua Komisi VIII DPR RI, Ketua KPHI, Komjen RI Jeddah, Para Pejabat Eselon II dan III di lingkup Dirjen PHU, para Ka.Kanwil dan Kepala Bidang Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag seluruh Indonesia.

Sri Ilham Lubis Direktur Pelayanan Haji Luar Negeri dalam Laporannya menyampaikan bahwa sejumlah agenda penting sudah selesai dilaksanakan berkenaan dengan persiapan pelaksanaan ibadah haji tahun ini diantaranya, Pelunasan BPIH sudah selesai, pembagian kloter pun sudah selesai, sekarang giliran Qur’ah yaitu mekanisme penempatan jemaah haji kita di pemondokan Makkah akibat bervariasinya jarak dan harga pemondokan olehnya itu Metode Qur’ah dilakukan  untuk  menjaga prinsip yang berkeadilan. Qur’ah juga diselenggarakan jauh jauh hari agar hal ini bisa membantu jemaah haji kita untuk memperoleh informasi lebih awal tentang gambaran lokasi pemondokannya  d nanti di tanah suci agar mereka juga bisa lebih menyiapkan diri, baik fisik dan mental lebih awal.

Yang di Qur’ah hari ini (12/6/2017) ada 70 maktab, yang kapasitasnya 3000 jemaah atau sekitar 7 sampai 8 kloter, lanjutnya. Selain itu di sektor Makkah telah disiapkan 155 hotel dan Bus antar jemput dari hotel ke masjidil haram , sedangkan di Madinah fihak Kemenag selaku penyelenggara Haji RI sudah menyiapkan 131 hotel dengan jarak terjauh 1300 meter dan disiapkan layanan bus  sholawat.

Jumlah sektor tahun ini juga bertambah baik di Makkah maupun dimadinah karena jumlah Quota haji Indonesia juga bertambah juga bertambah tahun ini.

Ketua Komisi VIII DPR RI H. M. Ali Taher, DPR RI mengapresiasi kinerja Kementerian Agama RI beserta jajarannya di seluruh Indonesia yang sampai saat ini telah memperlihatkan Prestasinya dan etos kerjanya dalam membina Umat Beragama di Indonesia, hal ini perlu semakin ditingkatkan. Khususnya lagi terkait penyelenggaraan Ibadah Haji yang tahun ini telah melakukan perbaikan dan peningkatan fasilitas layanan haji baik di Makkah maupun di Madinah. Dan berharap pelaksanaannya lebih baik dari tahun tahun sebelumnya serta tetap mampu mempertahankan predikat sebagai negara Penyelenggara ibadah Haji terbaik di dunia.

Sementara itu, Sambutan menteri Agama RI yang dibacakan oleh Sekjen Kemenag RI sangat mengharapkan kepada kakanwil agar melakukan koordinasi dengan seluruh fihak yang terkait untuk memberikan pelayanan dan memastikan persiapan pra dan pasca Pelaksana Ibadah haji bagi calon jemaah haji kita.

[NEXT-RASUL]

Sebelumnya, Sekjen Kemenag RI yang juga selaku pelaksana tugas Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag RI Prof. H. Nur Syam, MA membeberkan bahwa sampai detik ini, Data provinsi yang jumlah jemaah haji dengan daftar tunggu terlama rekornya masih dipegang oleh propinsi Sulawesi Selatan yaitu 29 tahun, dan yang terpendek yaitu propinsi Sulawesi Utara yakni 11 tahun.

Kakanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir yang juga hadir di kegiatan Qur’ah Pemondokan Jemaah haji wilayah Makkah di hotel Mercure convention center Ancol Jakarta yang digelar selama 3 hari ini (tgl 11 s.d 13 Juni 2017) didampingi oleh Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Sulsel H. Kaswad Sartono berharap agar pelaksanaan Haji tahun ini Sulsel dan Embarkasi Makassar bisa semakin lebih baik dari sebelumnya, meskipun jumlah kloter semakin banyak dari sebelumnya yang hanya 27 Kloter, dan musim haji tahun ini bertambah menjadi 35 kloter di Embarkasi Makassar (Khusus Sulsel terdapat 16 Kloter) akan tetapi dengan semakin membaiknya kondisi fasilitas yang disiapkan oleh kementerian agama seperti Wisma haji yang baru, Adanya Mok Up Pesawat di asrama Haji Sudiang Makassar, dan koordinasi dan komunikasi dengan pemerintah daerah kabupaten kota serta instansi terkait , maka Saya optimis Insya Allah tahun ini akan lebih baik, dan kita akan terus upayakan hal tersebut, sebagaimana prestasi tahun sebelumnya dimana Embarkasi dan Debarkasi Makassar menjadi yang terbaik diantara Embarkasi  Debarkasi haji di seluruh Indonesia, ucap beliau optimis.

Sementara itu, Kaswad Sartono selaku Kabid PHU kanwil Kemenag Sulsel mengatakan bahwa saat ini seluruh komponen dan sumberdaya yang ada di Bidangnya sampai Ke Kemenag Kabupaten Kota dan KUA Kecamatan akan berusaha keras untuk menyelesaikan segera dan tepat waktu terkait persiapan persiapan penyelenggaraan haji baik itu persiapan kelengkapan administrasi , proses pendampingan dan manasik haji serta hal hal lainnya seperti Pasport, Visa, koper jemaah dan hal hal terkait lainnya, semoga di saatnya nanti menjelang keberangkatan sudah tidak ada lagi masalah atau kendala yang berarti, dan inilah bentuk pelayanan maksimal kami dalam memuliakan tamu tamu Allah, Sambung Kaswad Sartono.

Acara Qur’ah Pemondokan Jemaah haji wilayah Makkah dibuka secara resmi oleh Sekjen Kemenag RI mewakili Menteri Agama RI kemudian memukul gong dan memencet tombol bersama dengan Ketua Komisi VIII DPR RI dan Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) sebagai tanda Qur’ah dimulai. Dan dilanjutkan secara bergilir oleh seluruh kakanwil dan kepala bidang haji seluruh Indonesia. (Wrd)


div>