SELASA , 11 DESEMBER 2018

Sekprov Ambil Sumpah 436 PNS

Reporter:

Editor:

hur

Selasa , 26 April 2016 15:47

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latif, mengambil sumpah dan janji 436 PNS dari 44 unit kerja SKPD lingkup pemprov di Ruang Pola Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (26/4).

Latif mengatakan, selain PNS yang baru diangkat, dalam pengambilan sumpah ini bahkan dilakukan pula kepada sejumlah PNS golongan empat.

“Seharusnya pengambilan sumpah dilakukan pada saat mereka mau diangkat menjadi PNS. Namun, kenyataannya ada yang sudah golongan empat baru diambil sumpahnya,” katanya.

Sebab, kata dia, PNS golongan empat tersebut sebagian tidak menemukan lagi berkas terkait berita acara pengambilan sumpah. “Ada yang rusak, bahkan mungkin ada yang belum pernah diambil sumpahnya,” ujarnya.

Sehingga, lanjutnya, pengambilan sumpah kali ini bervariasi. “Ada memang yang baru diangkat menjadi PNS dan ada yang sudah menjadi PNS tetapi berita acaranya tidak ditemukan,” tambahnya.

Padahal, dikatakannya, berita acara tersebut dibutuhkan pada saat pengisian PUPNS. Untuk itu, hari ini (kemarin) kembali diambil sumpahnya.

Terkait masalah kedisiplinan PNS, ia menegaskan akan menindak PNS yang lalai dan tidak disiplin. “Sudah ada yang kita tindaki, dari penurunan pangkat bahkan sudah ada yang dikeluarkan karena sudah sekian ratus hari tidak masuk,” ungkapnya.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Muhammad Tamzil menambahkan, PNS golongan empat yang diambil sumpahnya sebanyak 11 orang, paling banyak golongan dua dan tiga.

“Ini dalam rangka tertib administrasi karena sumpah PNS merupakan kewajiban dan syarat yang harus dilalui PNS. Seharusnya, pada saat seleaai prajabatan sudah harus disumpah,”

Kedepannya, pihaknya akan berupaya terus untuk menertibkan administraai PNS, khususnya terkait sumpah dan sanksinya.


Tag
  • pns
  •  
    div>