RABU , 13 DESEMBER 2017

Sekretariat DPRD Makassar Gelar FGD Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Rabu , 18 Oktober 2017 18:53
Sekretariat DPRD Makassar Gelar FGD Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan

DPRD Kota Makassar gelar FGD

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar Fokus Discussion Group (FGD), terkait masalah aktual kemasyarakatan. FGD kali ini membahas Peningkatan Kualitas Tata Kelola Pendidikan di Kota Makassar, di Hotel Continent, Jalan Adhyaksa, Rabu (18/10).

Sebagai narasumber, Sekretariat DPRD Makassar menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Ismunandar, anggota Komisi D, DPRD Makassar Melani Mustari serta akademisi Prof Basri Wello.

FGD ini dihadiri puluhan peserta yang berasal dari perwakilan sekolah se-Kota Makassar dan sejumlah perwakilan orang tua siswa.

Kepala Dinas Pendidikan, Ismunandar dalam pemaparannya menyampaikan bahwa UU mengatur bahwa anggaran pendidikan di Indonesia idealnya 20% dari APBD, namun kenyataan di lapangan jumlah tersebut tercukupi setelah digabung dengan sejumlah SKPD yang masih terkait dengan dunia pendidikan.

“Sebisa mungkin dalam peningkatan kualitas pendidikan, jangan bergantung dengan anggaran, tapi harus ada pemberdayaan/keterlibatan masyarakat juga. Yang terpenting adalah pendidikan di lingkup keluarga,” kata Ismunandar.

Ia berpesan bahwa pendidikan yang berhasil adalah ketika telah mencetak anak-anak yang cerdas, berakhlak dan berkualitas, sehingga dalam hal ini orang tua harus memandang pendidikan adalah sebuah investasi bagi keluarga.

“Kita di Makassar telah melahirkan kebijakan pendidikan yang berbasis kearifan lokal, yakni 18 revolusi pendidikan. Salah satu targetannya adalah menciptakan pendidikan karakter dalam rangka melahirkan anak-anak cerdas, berakhlak dan memiliki integritas,” jelasnya.


div>