Senin, 29 Mei 2017

Selamat Tinggal, Format Audio mp3 Segera Menghilang

Kamis , 18 Mei 2017 11:29

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM -Anda tentu sudah tidak asing dengan file musik dengan format mp3. Namun, dalam waktu dekat format audio tersebut tidak akan ada lagi. Developernya, The Fraunhofer Institute, memutuskan untuk tidak lagi meneruskan lisensi mp3 karena sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan zaman.

Dilansir dari Gizmodo, mp3 yang mengubah gaya manusia dalam mendengarkan musik dari format kaset itu diumumkan secara resmi minggu ini. Entah kapan format itu tidak lagi bisa digunakan. Yang jelas, pengembang menyebut format AAC (advance audio coding) diproyeksi sebagai pengganti mp3.

’’Kebanyakan penyedia layanan streaming, televise, dan radio menggunakan koding ISO-MPEG yang lebih modern ketimbang mp3. Seperti keluarga AAC, atau di masa depan dengan MPEG-H. Melalui format itu, bisa mengirimkan lebih banyak fitur, dan kualitas audio yang lebih tinggi daripada MP3,’’ tulis The Fraunhofer Institute.

Pengembang mengakui, mp3 memiliki bitrates yang rendah daripada format lainnya. Sebagai gambaran, saat ini produk visual sudah mampu dikirim dalam format yang lebih tinggi dari high definition (HD). Yakni, ke teknologi 4K. Nah, audio juga demikian. Bisa dikatakan tidak cocok lagi dengan kebutuhan audio kualitas tinggi.

Gizmodo menuliskan, perubahan mp3 tidak bisa dielakkan. Apalagi, munculnya iPod, iTunes, bahkan iPhone oleh Apple sudah memiliki format audio yang berbeda dan lebih baik daripada mp3. Itulah kenapa, diyakini hilangnya mp3 tidak terlalu berdampak besar pada industri musik dan audio.
AAC sudah lama digunakam oleh iTunes dengan kualitas yang baik. AAC juga menjadi tipe file yang banyak digunakan oleh situs streaming musik saat ini seperti yang dimiliki Apple dan Spotify. Kedua penyedia layanan streaming musik itu kini menjadi kekuatan dominan dalam distribusi musik.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*