SABTU , 23 JUNI 2018

Selamati IYL, Bro Rivai: Tak Mudah Raih Cum Laude

Reporter:

Editor:

Lukman

Jumat , 09 Februari 2018 07:12
Selamati IYL, Bro Rivai: Tak Mudah Raih Cum Laude

Ichsan Yasin Limpo (IYL) saat menjalani ujian promosi doktor di Auditorium Amiruddin, Unhas, Kamis (8/2/2018). (ist)

MAKASSAR,RAKYATSULSEL.COM – Kandidat Gubernur Sulsel, Ichsan Yasin Limpo (IYL) resmi bergelar doktor. Gelar akademik ini diraih Ichsan setelah sukses mempertahankan disertasinya saat promosi doktor di Pascasarjana Fakultas Hukum Unhas Makassar, Kamis (8/2/2018). Hebatnya mendapat predikat cum laude atau nilai tertinggi.

Pujian pun terus mengalir kepada pelopor pendidikan gratis di Indonesia ini. Termasuk dari pendiri Universitas Pertahanan, Abdul Rivai Ras (Bro Rivai) yang juga eks bakal calon gubernur Sulsel.

Rivai tak ragu menyebut, IYL menambah daftar cendikiawan yang ada di Sulsel. Menurut Rivai, gelar doktor diraih tak gampang.

“Apalagi Pak Ichsan mendapat predikat cum laude. Mendapatkan predikat sangat memuaskan itu tidak mudah, butuh perjuangan dan ketekunan. Salut untuk Doktor IYL. Semoga amanah dengan gelar yang diemban,” kata Bro Rivai di sosial medianya, Kamis (8/2/2018).

IYL mengambil judul disertasi IYL berjudul “Politik Hukum Pendidikan Dasar Dalam Sistem Pendidikan Nasional”. IYL meneliti penerapan sistem pendidikan di tujuh negara yakni Singapura, Australia, Jepang, Korea Selatan, Belanda dan Finlandia, serta Indonesia.

Rivai juga memuji, esensi disertasi IYL sejalan dengan visi Bro Rivai Center (BRC) di bidang pengembangan sektor pendidikan. BRC adalah foundation yang dibentuknya.

“Meskipun IYL fokus pada hukum pendidikan, tapi esensinya sama, yakni bagaimana memajukan pendidikan di Indonesia. Bro Rivai Center tentu mempertimbangkan hasil penelitian yang kredibel seperti disertasi IYL dalam menyusun agenda pengawalan pendidikan di Sulsel,” katanya. (**)


div>