JUMAT , 19 OKTOBER 2018

Sembilan Bulan Terakhir, Kejari Parepare Tangani 188 Perkara Pidum

Reporter:

Anastasya

Editor:

Niar

Kamis , 04 Oktober 2018 14:16
Sembilan Bulan Terakhir, Kejari Parepare Tangani 188 Perkara Pidum

int

– Didominasi Kasus Narkotika dan Pencurian

PAREPARE, RAKSUL.COM- Terhitung Januari hingga 2 Oktober 2018, bidang Pidana Umum (Pidum) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Parepare telah menangani 188 kasus pelimpahan tahap dua, dari penyidik Polres Parepare.

Hal ini diungkapkan Kepala Seksi (Kasi) Pidana Umum (Pidum) Kejari Parepare, Idil saat ditemui di ruangannya, Kamis, (04/10/2018).

Idil memaparkan, 188 kasus tersebut, terdiri dari 78 perkara Tindak Pidana Umum Lainnya (TPUL), 79 Perkara Orang dan Harta Benda (Oharda), 12 perkara Keamanan dan Ketertiban Umum (Kamtibum), dan 19 perkara Anak.

“Kalau di TPUL perkara yang menonjol itu narkotika, rata-rata pelakunya orang yang memiliki atau menguasai narkotika. Sedangkan pada perkara Oharda yang paling menonjol itu, tindak pidana pencurian. Nah dari 188 kasus itu, beberapa diantaranya masih berproses di pengadilan dan ada juga yang sudah diputuskan,” jelas Idil.

Dia menambahkan untuk kasus narkoba, barang bukti yang paling banyak yakni seberat 5 Kilogram, kemudian disusul narkoba seberat 1 Kilogram yang masih dalam bentuk Surat Pemberitahuan Dimulai Penyidikan (SPDP).

“Kami tuntut seumur hidup. Tapi pelaku inisial H dan kawan-kawan, saat ini melakukan upaya hukum kasasi di Mahkamah Agung. Kalau H ini hukumannya 20 tahun penjara sedangkan R 18 tahun penjara. Kalau yang kepemilikan satu kilo itu baru SPDPnya yang kami terima. Ada lima pelaku masing-masing inisial Sm, I, Sd, H dan As,” tambah Idil. (MP1)


div>