SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Sembuhkan Kebiasaan Buruk Mendengkur dengan 12 Cara Mudah Ini

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 17 Maret 2018 15:55
Sembuhkan Kebiasaan Buruk Mendengkur dengan 12 Cara Mudah Ini

Ilustrasi: tidur mendengkur menimbulkan suara berisik dan berisiko bagi kesehatan. (boldsky)

RAKYATSULSEL.COM – Hari Tidur Sedunia (World Sleep Day) yang jatuh setiap tanggal 16 Maret memiliki tema yang berbeda. Tahun ini, menyoroti berbagai gangguan tidur. Salah satunya adalah mendengkur. Bukan hanya tak baik bagi kesehatan, ternyata mendengkur juga bisa mengganggu orang lain karena suara yang dihasilkannya.

Mendengkur disebabkan gangguan relaksasi otot di langit-langit lunak (atap mulut), lidah dan tenggorokan. Jaringan di tenggorokan menghalangi jalan napas dan bergetar saat udara mengalir deras. Jika jalan napas lebih sempit, getarannya akan lebih kencang dan mendengkur akan kencang.

Ternyata, ada sejumlah alasan mengapa seseorang bisa mendengkur. Di antaranya seperti kelainan anatomis dan struktural, penggunaan alkohol, merokok, alergi serta infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Dilansir dari Boldsky, Sabtu (17/3), berikut berbagai cara mengobati hal tersebut yang bisa dilakukan di rumah, sehingga tidak memiliki efek samping.

1. Memanfaatkan Bola Tenis

Jika tidur telentang, cobalah memasukkan bola tenis ke dalam saku baju kemeja lama dan menjahitnya di bagian belakang punggung. Maka saat tidur dan merasa tak nyaman di bagian tengkuk leher, bola itu memaksa anda berguling tanpa membangunkan.

2. Humidifier

Pengharum ruangan untuk memperbaiki kualitas udara. Humidifier akan membantu menghindari masalah mendengkur secara perlahan.

3. Menurunkan Berat Badan

Kelebihan berat badan bisa menjadi penyebab mendengkur. Bila kelebihan berat badan, seseorang memiliki jaringan ekstra di tenggorokan yang berkontribusi pada kebisingan. Semakin besar penyumbatan, semakin banyak udara terganggu saat mengalir. Hal ini menciptakan getaran dan menyebabkan mendengkur.

4. Angkat Kepala Lebih Tinggi

Cobalah mengangkat kepala lebih tinggi, bisa menggunakan blok kayu yang kokoh sekitar 1-2 inci untuk menempatkannya di bawah tempat tidur dan menaikkan levelnya di kepala.

5. Selalu Jaga Kebersihan Rumah

Alergi seperti serbuk sari, debu, bulu binatang dan iritasi lainnya dapat menyebabkan sumbatan yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Hal ini bisa menyebabkan mendengkur.

6. Deteksi Alasannya

Coba mencari tahu mengapa sebabnya mendengkur, maka akan lebih mudah untuk menemukan obatnya. Jika mulut tetap tertutup saat mendengkur, maka itu menandakan masalah terjadi pada jalur lidah.

7. Pil Anti Dengkur

Ada pil herbal tertentu yang membantu mencegah mendengkur. Sehingga mengandung enzim alami yang melegakan hidung tersumbat dan juga membantu mengurangi mendengkur.

8. Tambahkan Minyak ke Vaporizer

Udara kering dan sumbatan menyebabkan mendengkur. Tambahkan berbagai minyak ke alat penyegar udara. Minyak seperti minyak peppermint membuka saluran udara dan juga membersihkan sinus saat tidur.

9. Sesuaikan Bantal

Mengangkat kepala akan membuka saluran napas dan bisa membuat pernapasan lebih mudah. Bantal sebaiknya tidak terlalu empuk atau terlalu rata. Bisa juga mencoba tidur di atas bantal tebal atau di beberapa bantal.

10. Yoga

Latihan yoga membantu mengendalikan pernapasan. Perlu mengambil napas dalam-dalam dan mendapatkan sebagian besar oksigen sehingga mengalirkan darah ke otak dan juga meningkatkan sirkulasi.

11. Latih Lidah dan Tenggorokan

Jika otot di lidah dan tenggorokan lebih kuat, maka bisa membantu mengurangi dengkuran. Saat otot kehilangan elastisitasnya, maka bisa mendengkur lebih sering. Cobalah untuk menyentuh rahang bawah rahang atas dengan gigi dan lidah lalu hitung sampai 10. Ulangi ini selama 5-10 kali sehari.

12. Hindari Alkohol

Cobalah untuk tidak minum minuman beralkohol. Alkohol menghalangi saluran udara. Hal ini bisa mengakibatkan mendengkur.

(ika/JPC)


div>