SELASA , 16 OKTOBER 2018

Seminggu Kedepan Makassar Hujan, Ini Prediksinya

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Senin , 11 Januari 2016 19:43
Seminggu Kedepan Makassar Hujan, Ini Prediksinya

int

Oleh: Ramadhan Nurpambudi (Observer Stasiun Meteorologi Hasanuddin Makassar)

RAKYATSULSEL.COM – Pantauan prediksi cuaca untuk wilayah Makassar untuk seminggu kedepan berpotensi akan turun hujan dengan prosentase kejadian yang cukup besar. Hasil prediksi berdasarkan data GFS atau Global Forecast System yang diolah dengan model cuaca. Output yang dihasilkan merupakan unsur-unsur meteorologi salah satunya adalah hujan.

Untuk prediksi cuaca seminggu kedepan, dimulai hari senin tanggal 11 Januari 2016. Potensi hujan terjadi mulai jam 12 malam hingga jam 5 subuh dengan prosentase kejadian 90%. Jam 6 pagi hingga jam 11 siang cuaca cerah berawan, lalu mulai jam 12 siang berpotensi kembali hujan hingga malam hari dengan prosentase 30%-87%. Pada hari ini hujan diprediksi terjadi dalam waktu yang cukup lama masyarakat dihimbau agar lebih mempersiapkan diri.

Selasa tanggal 12 Januari 2016, dimulai jam 12 hingga jam 2 subuh potensi hujan disertai petir sebesar 38%. Selanjutnya jam 3 subuh hingga jam 11 siang diprediksi cuaca cerah berawan. Potensi hujan terjadi pada jam 12 siang hingga jam 11 malam sebesar 35%-58%. Potensi hujan terbesar terjadi pada jam 3 hingga jam 5 sore.

Rabu tanggal 13 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 11 siang cuaca diprediksi cerah. Potensi hujan terjadi pada jam 12 siang hingga jam 5 sore sebesar 46%. Untuk jam 6 sore hingga jam 11 malam cuaca diprediksi cerah.

Kamis tanggal 14 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 2 siang cuaca diprediksi didominasi cerah dan sedikit berawan. Potensi hujan disertai petir terjadi pada jam 3 hingga jam 5 sore sebesar 62%. Pada waktu ini diprediksi hujan turun cukup lebat masyarakat dihimbau agar sudah berada di dalam rumah atau sudah berada ditujuan masing-masing agar tidak terjebak hujan lebat diperjalanan. Setelah itu pada jam 7 hingga jam 11 malam cuaca diprediksi cerah.

Pada Jumat, 15 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 11 siang cuaca diprediksi cerah hingga berawan. Potensi hujan disertai petir pada jam 12siang hingga jam 5 sore sebesar 34% – 52%. Lalu jam 6 sore hingga jam 11 malam cuaca diprediksi berawan.

Sabtu, 16 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 8 pagi cuaca diprediksi cerah. Potensi hujan terjadi pada jam 9 pagi sebesar 31%. Jika hujan turun pada jam tersebut, diprediksi hujan yang turun tidak lebat dan terjadi dalam waktu yang singkat. Untuk jam 10 pagi hingga jam 5 sore cuaca diprediksi berawan.

[NEXT-RASUL]

Potensi hujan kembali terjadi pada jam 6 sore hingga jam 8 malam sebesar 30%. Serupa dengan yang sebelumnya jika hujan turun pada jam terebut diprediksi dalam waktu yang singkat atau terjadi secara berhenti-henti tidak secara terus menerus. Untuk jam 9 hingga jam 11 malam cuaca diprediksi berawan. Secara umum kondisi cuaca pada hari ini cukup baik, sehingga bagi masyarakat yang ingin meluangkan waktu untuk keluarga berjalan-jalan keliling kota sangat mendukung.

Minggu tanggal 17 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 8 pagi cuaca diprediksi cerah hingga berawan. Potensi hujan disertai petir terjadi pada jam 9 pagi hingga malam hari sebesar 40%-68%. Diprediksi hujan yang terjadi pada hari ini cukup lebat dengan waktu kejadian yang lama. Masyarakat dihimbau agar lebih mempersiapkan diri untuk menghadapi kondisi cuaca pada hari ini.

Senin tanggal 18 Januari 2016, mulai jam 12 malam hingga jam 2 subuh potensi terjadi hujan disertai petir sebesar 46%. Kemudian pada jam 3 subuh hingga jam 8 pagi cuaca diprediksi cerah hingga berawan. Potensi hujan kembali terjadi pada jam 9 pagi hingga jam 8 malam sebesar 60%. Hujan yang turun pada waktu tersebut diprediksi cukup lebat dan terjadi dalam waktu yang cukup lama. Kembali masyarakat dihimbau agar lebih mempersiapkan diri jika hujan lebat datang. Untuk jam 9 hingga jam 11 malam cuaca diprediksi berawan.

Sekian prediksi cuaca untuk seminggu kedepan sekiranya dapat membantu proses penyusunan rencana jangka panjang. Seperti kata pepatah sedia payung sebelum hujan turun, agar seluruh kegiatan dapat berjalan dengan baik dan lebih efektif.


div>