JUMAT , 17 AGUSTUS 2018

Senin, Mendagri Akan Lantik Soni dan Toto

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 07 April 2018 11:30
Senin, Mendagri Akan Lantik Soni dan Toto

Mendagri, Tjahyo Kumolo

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo berencana akan mengukuhkan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel Soni Sumarsono dan Plt Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel Tautoto Tanah Ranggina, Senin (9/4) mendatang.

“Iya betul. Saya diamanahkan sebagai Plt Gubernur Sulawesi Selatan. Kepresnya sudah turun. Sertijab akan dilakukan tanggal 9 April mendatang di Makassar,” kata Soni.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah itu menegaskan, dirinya akan menjaga momentum Pilkada dan melanjutkan keberhasilan yang sudah ditorehkan Gubernur Syahrul Yasin Limpo di Sulsel.

Selain itu, ia juga mengaku dirinya akan bertugas mengisi posisi transisi pemerintahan serta menjembatani periode kepemimpinan sebelumnya dengan gubernur terpilih pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel mendatang.

“Tugas lain saya adalah menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban masyarakat, khususnya pada momen Pilkada agar tidak terjadi gesekan maupun persoalan yang bisa memecah belah persatuan masyarakat Sulsel,” jelasnya.

Menurutnya, warga Sulsel cukup dewasa dalam berpolitik sehingga dapat saling menghargai persatuan dan kesatuan. Kalaupun ada perbedaan pendapat, kata dia, itulah dinamika politik. Namun harus dihargai dalam bingkai kebersamaan.

“Sulsel itu bukan zona merah. Namun zona sedang. Itu karena kesadaran berpolitik masyarakat sangat tinggi,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel, Tautoto Tana Ranggina yang akan dikukuhkan sebagai Plt Sekprov menggantikan Abdul Latif mengatakan dirinya tidak mempersiapkan acara yang mewah momentum sakral tersebut.

Ia juga mengaku tidak terlalu tegang dan lebih santai saat menghadapi pengukuhan. “Tidak ada persiapan yang besar-besar, hanya biasa-biasa ji,” kata Toto.

Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, menitip pesan kepada Plt Gubernur agar mampu menerapkan kearifan lokal Bugis Makassar.

“Saya akan hadapi jika orang yang menjabat disini tidak paham dengan kearifan budaya Sulsel. Atau kau ikut ber kw-kw dengan kepentingan politik. Saya akan hadapi itu,” tegas Syahrul.

Ia berharap agar siapa pun yang dikukuhkan nanti mampu menjaga Sulsel tetap aman. “Saya percaya bahwa Plt Gubernur yang akan datang ini adalah Plt dengan senioritass yang cukup dan tentu saja dalam posisi saya memberikan dukungan apa yang anda butuhkan di Sulsel biar tetap aman-lah,” pungkasnya. (*)


div>