RABU , 17 OKTOBER 2018

Sepertinya ini Penyebab Cawapres Jokowi Belum Juga Diumumkan

Reporter:

Editor:

pkl uim

Selasa , 24 Juli 2018 16:23
Sepertinya ini Penyebab Cawapres Jokowi Belum Juga Diumumkan

int

JAKARTA, RAKYATSULSEL.COM – Pengamat politik Said Salahudin menduga, belum diumumkannya calon wakil presiden yang akan mendampingi Joko Widodo di Pilpres 2019, karena kuatnya tarik-menarik kepentingan di lingkungan partai koalisi dan di lingkaran elite Jokowi.

“Dari lingkungan partai koalisi saya mendengar persaingan di antaranya melibatkan PDIP dan PKB yang masing-masing ingin jagoannya dipilih Jokowi dan disetujui oleh anggota koalisi lain,” ujar Said di Jakarta, Selasa (24/7).

Menurut Direktur Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) ini, nama Susi Pudjiastuti dan Budi Gunawan kabarnya lebih diprioritaskan oleh PDIP.

Sementara PKB tetap melakukan penetrasi untuk meloloskan ketua umumnya Muhaimin Iskandar.

“Sedangkan di lingkaran elite Jokowi, nama Jusuf Kalla (JK) dan Luhut Binsar Panjaitan juga sepertinya sedang berebut pengaruh,” ucapnya.

Said melihat gejala JK sepertinya telah mengubah rencana untuk pensiun. Pasca-Mahathir Mohamad di Malaysia naik kembali ke tampuk kekuasaan, JK seperti terinspirasi sehingga faktor usia kini disampingkannya.

“Apalagi setelah perkara pengujian pasal mengenai pembatasan masa jabatan wakil presiden bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK), JK semakin memperlihatkan keinginannya untuk kembali diduetkan dengan Jokowi,” katanya.

Sementara itu di kubu Luhut, kata Said menambahkan, walau bukan ketua umum parpol maupun wakil presiden, tapi disebut-sebut berusaha ikut ‘cawe-cawe’ dalam pengisian posisi cawapres untuk Jokowi.


div>