SENIN , 25 JUNI 2018

Sepuluh Daerah Rawan Longsor

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 21 Juni 2017 13:09
Sepuluh Daerah Rawan Longsor

Sejumlah penumpang menunggu di Terminal Regional Daya (TRD) Makassar, Selasa (20/6). Memasuki H-4 hari raya Idul Fitri kedatangan pemudik belum mengalami peningkatan. foto: qudratullah/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Musim mudik telah tiba. Berbagai persiapan harus diperhatikan para pemudik. Seperti kondisi kesehatan dan kelaikan kendaraan yang akan digunakan mudik. Selain itu, perlu diperhitungkan adalah gangguan yang disebabkan cuaca. Apalagi, cuaca akhir-akhir ini tak menentu.

Kepala Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, Sujarwo mengatakan, cuaca di wilayah Sulsel beberapa hari ke depan akan diguyur hujan ringan sampai menjelang lebaran Idulfitri yang diprediksi jatuh pada tanggal 26 mendatang.

“Untuk saat ini cuaca sedang hujan, namun dalam intensitas ringan,” kata Sujarwo diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (21/6).

Sementara itu, prakiraan cuaca pasca lebaran Idulfitri menurut Sujarwo dimana wilayah Sulsel diprediksi akan berawan.

Namun demikian, lanjutnya, untuk wilayah Utara dan Timur Sulsel harus diwaspadai potensi longsor. Karena di wilayah tersebut merupakan wilayah pegunungan. Berdasarkan data, terdapat sepuluh daerah berpontesi longsong.

“Wilayah yang perlu diwaspadai adalah jalur Utara yakni Enrekang, Toraja, Luwu Raya (empat daerah) dan wilayah Timur yakni Bantaeng, Bulukumba, Sinjai dan Bone,” ungkap Sujarwo.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel, Syamsibar mengatakan, menghadapi puncak mudik tahun ini, pihaknya telah siap siaga. Bahkan, kesiapsiagaan tersebut dikatakan Syamsibar bukan hanya saat musim mudik melainkan sepanjangan waktu.

[NEXT-RASUL]

Dia menambahkan, dalam menghadapi puncak mudik pihaknya selalu melakukan sosialisasi serta koordinasi dengan BPBD kabupaten/kota, Dishub, serta instansi terkait.

“Kita selalu mengkoordinasi, apalagi arus mudik. Tapi pada prinsipnya biar pun bukan dalam menghadapi arus mudik, kita selalu waspada, karena sudah menyiapkan Basarnar di seluruh kabupaten/kota,” ucapnya.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Ilyas Iskandar mengimbau masyarakat agar selalu berhati-hati dan mengutamakan keselamatan saat mudik, mengingat cuaca saat ini sulit diprediksi.

“Saat mudik diharapkan untuk lebih berhati-hati, yang mudik lewat daratan harus memeriksa kelayakan kendaraan, untuk laut memperhatikan cuacanya,” harap Ilyas. (***)


div>