SENIN , 22 OKTOBER 2018

Sepuluh Suku Akan Ramaikan HUT Ke-13 Lutim

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 27 April 2016 18:22
Sepuluh Suku Akan Ramaikan HUT Ke-13 Lutim

Panitia HUT ke-13 Luwu Timur melakukan rapat persiapan di Warkop 533, Selasa (27/4).foto: dedi/rakyatsulsel.

LUWUTIMUR, RAKYATSULSEL.COM – Kabupaten Luwu Timur (Lutim) bukan hanya kaya dengan Sumber Daya Alam (SDA) dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). Namun, kabupaten yang di juluki Bumi Batara Guru ini, tak tertinggal dengan kekayaan kebudayaan berbagai macam Suku. Olehnya itu, sebanyak sepuluh suku di Lutim akan tampil meramaikan dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-13 di Lutim ini.

“Di tampilkannya sepuluh macam suku di Lutim ini, pada hari HUT ke-13, sebagai bentuk memperkenalkan bagi masyarakat Lutim, ternyata daerah ini juga kaya dengan berbagai macam suku,” kata M Jufri, Penanggung Jawab Acara, pada rapat antar suku di Warkop 533, Selasa (27/4).

Selain itu, kata Jufri, di pertemukan sepuluh macam suku nantinya, sebagai bentuk menjalin silaturahmi antar suku dan tokoh masyarakat.
“Terjalinnya Silaturahim antar suku dan tokoh masyarakat yang bermukim di Lutim, sehingga mampu meminimalisir konflik antar suku yang bisa terjadi di daerah ini,” ujar Jufri

Jufri menjelaskan, sepuluh macam suku yang akan tampil pada HUT ke-13, dengan membawa tarian masing-masing nantinya, yakni Suku Wotu dengan Tarian Kajangki, Pamona dengan Tarian Karambangan, Pasitabe dengan Tarian Kemenangan, Sasak (Lombok) dengan Tarian Gendang Blek, dan Toraja dengan Tarian Pa’gellu. Jufri menambahkan, Suku Makassar, Bugis, Jawa Bali, dan Matano juga menampilkan jenis tariannya.

Ia mengatakan, tarian sepuluh macam suku yang ditampilkan pada 1 Mei 2016 mendatang di Lapangan Andi Nyiwi. “Hal ini diharapkan akan menjadi sarana perkenalan kebudayaan berbagai macam suku yang ada di Lutim ini,” ungkapnya.

Bukan hanya itu, dalam HUT-13 Lutim nantinya, berbagai acara juga akan dilaksanakan, seperti sepakbola Bupati Cup dan Turnamen Kasti yang sementara berlangsung. Lomba kebersihan antar desa se-Kabupaten Lutim, Lomba Festival musik se-Sulsel, acara Trail Adventure dan Motor Cross tingkat nasional serta Lomba Dayung.

Tak tertinggal Lomba Gerak Jalan Indah, karya tulis Ilmiah tingkat umum dan SMA/sederajat se-Kabupaten Lutim serta dimeriahkan pelantun lagu ABG Tua Fitri Carlina.(***)


div>